Bandara Supadio Kembali Normal Pascainsiden Lion Air Tergelincir

Proses investigasi Lion Air diserahkan pada pihak KNKT

Jakarta, IDN Times - Aktivitas di Bandara Supadio Pontianak kini kembali normal. PT Angkasa Pura II Bandar Internasional Supadio Pontianak mengumumkan hal itu setelah badan pesawat Lion Air berhasil dievakuasi.

"Alhamdulilah saat ini aktivitas atau operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya baik keberangkatan maupun kedatangan kembali normal," ujar General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak, Jon Muhktar Rita seperti dikutip Antara, Minggu (17/2).

1. Evakuasi badan pesawat memakan waktu setengah jam

Bandara Supadio Kembali Normal Pascainsiden Lion Air TergelincirANTARA FOTO/David Muharmansyah

Jon menjelaskan, normalnya operasional penerbangan setelah sukses dilakukan evakuasi badan pesawat yang tidak jauh dari landasan pacu yang jaraknya sekitar 100 meter oleh Tim Airport Emergency Committee (AEC) yang dipimpinnya.

"Evakuasi secara umum dilakukan setelah kejadian dan kami tidak henti sejak tadi. Untuk evakuasi badan pesawat memakan waktu sekitar setengah jam atau selesainya tadi pukul 09.15 WIB. Setelah evakuasi badan pesawat pembersihan lokasi dan baru bisa dikatakan normal," ujarnya.

Baca Juga: Lion Air Tergelincir di Pontianak, Semua Penumpang Selamat

2. Pesawat Lion Air JT-714 tergelincir di Bandara Supadio

Bandara Supadio Kembali Normal Pascainsiden Lion Air TergelincirANTARA FOTO/David Muharmansyah

Sebelumnya, Sabtu (16/2) pesawat Lion Air JT-714 berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 13.50 WIB dan tiba di Supadio sekitar pukul 15.15 WIB, namun saat pendaratan tergelincir. Akibat hal itu, Bandara Supadiopada pukul 15.20 WIB resmi ditutup sementara oleh pihak PT Angkasa Pura II untuk proses evakuasi.

Saat pesawat tersebut mendarat, cuaca di bandara dalam keadaan hujan deras. Jumlah penumpang dalam penerbangan tersebut adalah 180 penumpang dan dua bayi, di mana semua penumpang dalam kondisi selamat dan telah berhasil dievakuasi keluar dari pesawat ke terminal Bandara Internasional Supadio.

"Semua penumpang dan kru selamat. Landasan pacu juga saat ini tidak ada kendala," kata dia.

Baca Juga: Mendapat Izin KNKT, Lion Air yang Tergelincir di Pontianak Dievakuasi

3. Kejadian itu berdampak pada 20 penerbangan

Bandara Supadio Kembali Normal Pascainsiden Lion Air TergelincirIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Akibat kejadian tersebut ada 20 penerbangan yang terdampak, baik keberangkatan maupun kedatangan. Saat ini pihak bandara dan maskapai sudah melakukan aktivitas pelayanan kembali.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS telah ditempatkan pada posisi sempurna di landas parkir (apron) bandar udara. Lion Air terus berkoordinasi dan kerjasama dengan pengelola bandar udara setempat, Lanud, dan instansi lainnya yang terkait dalam proses evakuasi pesawat.

"Lion Air mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan baik dalam proses pemindahan pesawat tersebut," ungkap dia.

4. Proses investigasi diserahkan pada pihak KNKT

Bandara Supadio Kembali Normal Pascainsiden Lion Air Tergelincirlionair.co.id

Danang melanjutkan, Lion Air berkoordinasi dan menyerahkan proses investigasi atas insiden penerbangan JT-714 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan, serta berbagai pihak terkait.

"Hal itu untuk nanti dapat diberikan rekomendasi kepada Lion Air," jelasnya.

Baca Juga: Tergelincir di Bandara Supadio, AEC Tarik Badan Pesawat Lion Air JT714

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya