Bappenas Prediksi Herd Immunity Tercapai Maret 2022

Butuh sekurangnya 188 juta penduduk divaksinasi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional memprediksi herd immunity dari COVID-19 tercapai pada Maret 2022. Dari 270 juta penduduk Indonesia, perlu 188 juta penduduk divaksinasi untuk mencapai herd immunity 70 persen penduduk di atas 18 tahun. Dengan kriteria eksklusi komorbid, eks pasien COVID-19, dan ibu hamil, target vaksinasi adalah 181,5 juta penduduk.

"Diperkirakan dicapai pada Maret 2022 atau 15 bulan sejak tahap pertama vaksinasi dimulai pada 14 Januari 2021 lalu. Namun, herd immunity bisa dipercepat jika ketersediaan vaksin bertambah," ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (8/2/2021).

Baca Juga: Aktivitas Ekonomi Sudah Bisa Jalan Sebelum Herd Immunity Tercapai

1. Kita harus berjuang menekan angka COVID-19 hingga Rt<1

Bappenas Prediksi Herd Immunity Tercapai Maret 2022Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro (Tangkapan layar streaming di DPR)

Dia mengatakan yang perlu terus diperjuangkan untuk diatasi adalah mengurangi atau memperlambat dan mengekang laju pertambahan kasus di semua daerah. Setidaknya, kondisi kasus COVID-19 dianggap sudah terkendali atau kasus terus menurun Rt <1.

"Kalau sekarang angka reproduksi adalah 1.2, targetnya harus di bawah 1 atau 0.9, ditargetkan dengan vaksinasi, pertambahan laju kasus bisa menurun menjadi 0.9 pada September tahun ini. Mulai September, COVID-19 sudah mulai terkendali dan ekonomi bisa kembali,” tutur Suharso.

2. Sebelum itu, aktivitas sudah bisa jalan duluan

Bappenas Prediksi Herd Immunity Tercapai Maret 2022Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Namun, menurut Suharso, aktivitas ekonomi tidak perlu menunggu herd imunity tercapai. Pemulihan aktivitas ekonomi seperti semula sudah bisa dilakukan sebelumnya yaitu ketika COVID-19 terkendali atau kasus terus menurun Rt <1. Dalam kondisi ini, aktivitas ekonomi dan sosial dapat dimulai dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Yang menarik sebenarnya yang kita perjuangkan untuk diatasi adalah mengurangi atau memperlambat dan mengekang laju pertambahan kasus. Semua daerah berusaha memperlambat pertambahan kasus," kata dia.

Baca Juga: Juru Wabah UI: Herd Immunity Gak akan Tercapai Tanpa Vaksin 

3. Pemerintah putuskan gunakan pendekatan herd immunity

Bappenas Prediksi Herd Immunity Tercapai Maret 2022IDN Times/Hana Adi Perdana

Sebelumnya. Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan ada empat strategi yang akan dilakukan, salah satunya akselerasi vaksinasi COVID-19, dimulai dari tenaga kesehatan, pelayanan publik, kelompok rentan, dan juga daerah-daerah yang menjadi prioritas. 

“Masalah vaksin ini masih terus dalam proses pengerjaan, kita harapkan target kita mencapai 70 persen herd immunity (kekebalan komunitas) dapat kita capai dalam jangka waktu 12 bulan,” ucap Luhut saat menggelar rapat dengan beberapa pemangku kepentingan dan epidemilog dalam penanganan COVID-19, Kamis (4/2/21).

Baca Juga: WHO: Pendekatan Herd Immunity Itu Tidak Etis 

Topik:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya