BNPB Pastikan Isu Tsunami Lombok Hoax!

Jangan mudah percaya informasi tanpa sumber jelas

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memastikan isu tsunami pada hari ini, Minggu (26/8) adalah hoax atau tidak benar. Dia sangat menyayangkan ulah para oknum yang menyebar informasi bohong di tengah situasi bencana.

Dalam akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, dia kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh informasi dengan sumber tidak jelas.

1. Masyarakat mengungsi akibat informasi hoax

BNPB Pastikan Isu Tsunami Lombok Hoax!Humas BNPB

Sutopo menjelaskan, masyarakat mengungsi ke Bukit Jeringo, Desa Seruni, Kecamatan Pringganaya Lombok Timur karena isu gempa dan tsunami pada 26 Agustus 2018. 

"Sudah diberi penjelasan, mereka tetap bertahan di bukit. Kondisi rumah mereka hancur. Pengungsi memerlukan bantuan tenda, terpal, air bersih, sembako dan lain-lain," kata Sutopo.

2. Hoax menyebar di banyak daerah di Indonesia

BNPB Pastikan Isu Tsunami Lombok Hoax!Humas BNPB

Menurut Sutopo, informasi menyesatkan dan meresahkan masyarakat tersebut makin tersebar luas. Hoax telah menyebar bukan hanya di Lombok, melainkan di banyak daerah di Indonesia. 

"Dimohon masyarakat yang memperoleh informasi semacam ini abaikan. Ini hoax. Jangan ikut menyebarkan," ujarnya.
 

Baca Juga: Pasca Gempa, Minat Wisatawan Mancanegara ke Lombok Tak Pernah Surut

3. Gempa tak bisa diprediksi secara pasti

BNPB Pastikan Isu Tsunami Lombok Hoax!Humas BNPB

Sutopo juga memastikan peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat adalah hoax. Dia meminta masyarakat untuk jangan percaya dan jangan resah. 

"Tak ada satu negara dan organisasi resmi di dunia yang mampu memprediksi gempa secara pasti. Jika menerima informasi semacam ini abaikan. Jangan ikut menyebarkan. Segera hapus," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, penyebaran hoax begitu meluas dan terus beredar. Masyarakat menjadi resah. Sebagian warga di Lombok mengungsi ke bukit-bukit takut gempa dan tsunami. 

"Mari kita lawan hoax. Bantu sebarkan informasi ini ke masyarakat," katanya.

BNPB Pastikan Isu Tsunami Lombok Hoax!Humas BNPB

Baca Juga: Inpres Ditandatangani, Penanganan Bencana Gempa Lombok Lebih Intens

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya