Comscore Tracker

Boarding Pass Penerbangan Disebut Janggal, Ini Klarifikasi Batik Air

Boarding pass menggunakan sistem SITA Technology

Jakarta, IDN Times - Batik Air mengklarifikasi berkembangnya pemberitaan berjudul “Naik Pesawat Batik Air, Penumpang di Makassar Temukan Kejanggalan Pada Boarding Pass” di media online makassar.terkini.id. Suriani Echal Panca, salah satu penumpang Batik Air dengan nomor kursi 17F, mengaku menemukan kejanggalan. Dalam berita tersebut ditulis, “boarding pass pesawat yang ditumpangi Suriani tertera tahun 2015. Padahal ia menaiki pesawat tersebut pada Jumat 15 Februari 2019”.

1. Penulisan angka 2015 menunjukkan waktu keberangkatan

Boarding Pass Penerbangan Disebut Janggal, Ini Klarifikasi Batik AirFacebook/Batik Air

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro memastikan informasi tersebut tidak benar. Dia menjelaskan, penulisan angka 2015 yang tertera dalam boarding pass menunjukkan waktu keberangkatan penerbangan (schedule time departure/ STD) Batik Air nomor penerbangan ID-6183.

"Artinya, pesawat Batik Air berangkat dari Makassar pukul 20.15 WITA," jelas Danang dalam pesan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu (17/2).

2. Boarding Pass menggunakan sistem SITA Technology

Boarding Pass Penerbangan Disebut Janggal, Ini Klarifikasi Batik AirFacebook/Batik Air

Danang menambahkan, layanan tamu berupa boarding pass di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan sistem SITA technology, yakni penulisan waktu tidak menggunakan tanda titik (.) atau titik dua (:).

Sebagai contoh penerbangan lainnya yang dilayani dari Makassar, dengan boarding pass adalah sebagai berikut.

·         Batik Air ID-6196 Makassar – Sorong tertera 0410 artinya STD 04.10 WITA.

·         Batik Air ID-6137 Makassar – Surabaya tertera 1000 artinya STD 10.00 WITA.

·         Lion Air JT-0787 Makassar – Surabaya tertera 1735 artinya STD 17.35 WITA.

·         Lion Air JT-0786 Makassar – Ambon tertera 1210 artinya STD 12.10 WITA.

Keterangan: WITA= Waktu Indonesia Tengah, di mana Makassar sebagai kota keberangkatan asal yang mengikuti dalam kategori pembagian waktu wilayah ini (waktu setempat/local time).

Baca Juga: Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke Makassar

3. Penumpang diminta teliti membaca boarding pass

Boarding Pass Penerbangan Disebut Janggal, Ini Klarifikasi Batik AirFacebook/Batik Air

Dalam mempersiapkan penerbangan, lanjut Danang, Batik Air mengimbau seluruh pelanggan untuk check-in lebih awal, yaitu 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Konter check-in di bandar udara akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik dan 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional.

"Oleh karena itu, diharapkan seluruh tamu untuk memperhatikan serta memahami dengan baik dan telitisetelah mendapatkan boarding pass. Apabila ada hal yang belum jelas, dipersilakan dapat menanyakan kepada petugas layanan darat Batik Air," ungkapnya.

4. Penerbangan telah dilakukan sesuai prosedur

Boarding Pass Penerbangan Disebut Janggal, Ini Klarifikasi Batik AirDok.IDN Times/Istimewa

Danang menegaskan, Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6183 rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) pada 15 Februari 2019, telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Penerbangan Batik Air ID-6183, kata Danang, dipersiapkan dengan baik untuk penanganan pesawat dan layanan kepada tamu sebelum terbang (pre-flight), saat terbang (in-flight) dan setibanya di bandar udara tujuan (post-flight).

Baca Juga: Asyik! Batik Air Buka Rute Jakarta – Banyuwangi, Simak 4 Faktanya

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You