Comscore Tracker

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence Connexion

Ganjil genap akan berlaku di pintu Tol Tambun

Jakarta, IDN Times - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan 13 bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) di Perumahan Grand Wisata Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Peluncuran Bus JR Connexion dilakukan dalam rangka implementasi kebijakan ganjil genap di pintu Tol Tambun.

"Dengan diluncurkan nya bus tersebut, maka di daerah Tambun dan sekitarnya terdapat 18 unit layanan bus JR Connexion, yang semula sudah terdapat lima unit bus," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, Selasa (27/11).

Peluncuran tersebut juga dihadiri perwakilan dari Korlantas Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya, Dishub Provinsi DKI Jakarta, Dishub Kabupaten Bekasi, pengembang, operator bus PPD dan Sinar Jaya, Pengembang Kawasan Perumahan serta sejumlah masyarakat di Perumahan Grand Wisata.

Baca Juga: 1.012 Orang Langgar Ganjil Genap pada Hari Pertama Diberlakukan

1. Masyarakat diharapkan menggunakan bus JR Connexion ketimbang kendaraan pribadi

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence ConnexionANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bambang berharap masyarakat lebih banyak memanfaatkan bus JR Connexion daripada menggunakan kendaraan pribadi, untuk berangkat dan pulang kerja ke Jakarta. 

"Peningkatan layanan Bus JR Connexion di Tambun ini dimaksudkan sebagai kompensasi terhadap kebijakan ganjil genap, yang segera diterapkan di pintu Tol Tambun,” kata dia.

2. Kebijakan ganjil genap akan diterapkan 17 Desember 2018

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence ConnexionANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bambang mengatakan, kebijakan ganjil genap di pintu Tol Tambun diharapkan sudah berlaku penuh mulai 17 Desember 2018. Tahapan kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pada 15-30 November 2018. 

"Kemudian, tindakan pengalihan bagi kendaraan dengan plat nomor tidak sesuai tanggal pada 3-14 Desember 2018," ujar dia.

3. Bus JR Connexion melayani berbagai rute

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence ConnexionANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Layanan bus JR Connexion di Tambun ini dapat diakses masyarakat di Perumahan Grand Wisata, Tambun, Bekasi atau tepatnya di Halaman Shelter JRC perumahan tersebut. 

Menurut Bambang, rute-rute yang dilayani bervariasi. Dari Grand Wisata menuju Blok M, Paragon, Pondok Indah, Tanah Abang, Kuningan, Harmoni, Manggarai, Mangga Dua, Kelapa Gading, hingga BSD Tangerang.

4. Harga tiket bus JR Connexion Rp15 ribu

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence ConnexionANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pada beberapa tujuan tertentu waktu, Bambang menjelaskan, layanan paling awal mulai pukul 05.20 WIB dan paling akhir pukul 15.00 WIB dengan rute Grand Wisata Blok M. Adapun layanan arah sebaliknya, paling awal pada pukul 07.00 WIB dan layanan terakhir pada pukul 18.10 WIB dengan rute Blok M-Grand Wisata. 

"Setiap bus memiliki kapasitas 40 seat dengan fasilitas gratis wifi, kursi reclining, tempat pengisi daya untuk gawai, dan harga tiketnya hanya Rp15 ribu saja," kata dia.

5. Data pengguna angkutan umum meningkat

BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence ConnexionIDN Times/Santi Dewi

Bambang mengklaim, data evaluasi menunjukkan peningkatan pengguna angkutan umum, seiring dengan implementasi ganjil genap pintu tol. 

Dia mencontohkan, pada bus Transjabodetabek Premium dengan trayek Bekasi Barat dan Bekasi Timur dengan operator PPD, terdapat peningkatan jumlah penumpang 30 persen, dari saat implementasi awal paket kebijakan pada Maret-April 2018 dengan kondisi September 2018. Sementara, Operator Royal Trans terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 13 persen. 

"Untuk Transjabodetabek Premium dengan operator Big Bird terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar lima persen dari saat implementasi awal paket kebijakan Mei 2018 dengan kondisi pada Agustus 2018," kata Bambang.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun Mulai Desember

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You