[BREAKING] Gempa M 5,1 di DIY, Pusat di Bantul Terasa Hingga Pacitan

Gempa tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 terasa di beberapa daerah. Di antaranya Sanden Bantul, Kota Yogyakarta, Giri Mulyo, Maguwoharjo Sleman dengan intensitas guncangan II-III MMI.

"Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

Selain itu, gempa juga terasa di Pacitan, Purworejo, Semarang, Klaten, Wonogiri, Kebumen, Cilacap, dan Ponorogo dengan intensitas guncangan II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 20.54 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5.1 mengguncang Yogyakarta. Gempa yang terjadi pada pukul 20.26 WIB tersebut berada pada 105 km barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi 8,81 lintang selatan dan 110,08 bujur timur.

 

Ikuti terus perkembangan berita tentang gempa bumi di DIY hanya di IDN Times

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 5,1 di Yogyakarta, Guncangan Terasa Beberapa Detik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya