Comscore Tracker

Budi Karya Pidato Tanpa Masker, Apa Penjelasan Kemenhub?

Achmad Yurianto sempat menyinggung soal pemakaian masker

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tampak tidak menggunakan masker saat rapat virtual di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Foto yang diunggah dalam laman Instagram @kemenhub151 tersebut sontak menimbulkan beragam reaksi warganet. Sebab, Budi pernah dinyatakan positif COVID-19 dan dirawat secara intensif.

Lantas, seperti apa tanggapan pihak Kemenhub?

1. Penjelasan pihak Kemenhub saat Budi Karya melepas masker

Budi Karya Pidato Tanpa Masker, Apa Penjelasan Kemenhub?Dok.IDN Times/Kemenhub

Dalam kolom komentar, akun @farahputri mempertanyakan sikap Menhub yang tak memakai masker. "Maskernya dipakai, Pak ..."

"Pakai masker, Pak. Belajar dari kesalahan, nih," kata akun @alvaropkhn22.

Komentar-komentar itu pun dibalas oleh pihak Kemenhub. Dijelaskan bahwa Menhub hanya melepas masker saat sedang berpidato.

"Pak Menhub @budikaryas melepas masker hanya pada saat melakukan pidato saja, ya, dan tetap melakukan jaga jarak. Setelah selesai, beliau tetap menggunakan masker kembali seperti yang terlihat pada foto berikutnya. Terima kasih," ungkapnya.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Menteri Budi Karya Sembuh dari COVID-19

2. Yuri mengimbau masyarakat memakai masker sehari-hari

Budi Karya Pidato Tanpa Masker, Apa Penjelasan Kemenhub?Ilustrasi Pembayaran Elektronik di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Manaure Quintero)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan perilaku tidak disiplin memakai masker salah satu faktor kasus positif terus bertambah. Yuri mengimbau masyarakat agar memakai masker dalam kegiatan sehari-hari.

Yuri menyinggung soal tren penggunaan plastik pelindung wajah atau face shield di masyarakat. Menurut dia, alat itu tidak bisa menggantikan perlindungan masker.

"Kami mengibaratkan penggunaan face shield tanpa masker, ibarat orang yang menggunakan payung, yang bisa melindungi dari tetesan air dari atas tetapi tidak dari samping," kata Yuri dalam keterangan pers yang disiarkan langsung dari channel YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (11/7/2020).

3. Budi Karya sempat dinyatakan positif COVID-19

Budi Karya Pidato Tanpa Masker, Apa Penjelasan Kemenhub?Dok. PT KAI Daops VI Yogyakarta

Pada 14 Maret 2020 lalu, Menhub Budi Karya dinyatakan positif COVID-19. Konfirmasi disampaikan oleh Wakil Direktur RSPAD dr. Albertus Budi Sulistya yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di kantornya di lingkungan Istana Kepresidenan pada Sabtu (14/3). 

"Jadi, atas persetujuan keluarga, pasien nomor 76 adalah Pak Budi Karya Sumadi," ungkap Pratikno malam ini. 

Dengan demikian Budi menjadi menteri pertama di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf yang positif tertular virus yang diberi nama Sars-CoV-2 itu. Budi lantas menjalani perawatan intensif di RSPAD.

Baca Juga: Budi Karya Disebut Kembali Terjangkit COVID-19, Ini Kata Kemenhub

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya