Comscore Tracker

Bukalapak Segera Bangun Pusat Riset di 4 Kota

Target ada 1.000 teknisi hingga akhir tahun 2018

Jakarta, IDN Times - Perusahaan e-commerce  Bukalapak berencana membangun empat pusat riset dan pengembangan selain di Jakarta. Keempat kota telah dibidik, yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

Menurut Associate Vice President of Engineering Bukalapak Ibrahim Arief, saat ini Bukalapak telah mempekerjakan 450 teknisi. Demi melancarkan upaya pembangunan tempat riset dan pengembangan, Bukalapak akan menambah jumlah teknisi 1.000 orang hingga akhir tahun ini.

"Bandung akan selesai lebih dulu, kota lainnya juga menyusul tahun ini," ujar Ibrahim di Jakarta, Selasa (3/7).

1. Pusat riset diisi minimal 100 teknisi 

Bukalapak Segera Bangun Pusat Riset di 4 KotaIDN Times/Indiana Malia

Ibrahim menjelaskan, masing-masing pusat riset diperkirakan dapat menampung 100 hingga 200 talenta di bidang teknologi.

"Misalnya, pusat riset di Bandung akan diisi 160 orang, yaitu 100 talenta di bidang teknis dan 60 di bidang desain produk," kata dia.

Sementara, komposisi teknisi di tiga kota lainnya juga tak jauh berbeda. Ibrahim menuturkan, komposisi teknisi bergantung dari bidang yang paling diminati di kota tersebut. 

2. Bukalapak menjemput bola

Bukalapak Segera Bangun Pusat Riset di 4 KotaIDN Times/Indiana Malia

Ibrahim menjelaskan, pembangunan pusat riset di kota luar Jakarta adalah salah satu upaya menjemput bola. Sebab, mereka menemukan banyak para teknisi berbakat, namun enggan tinggal dan bekerja di basis Bukalapak Jakarta.

"Jadi mereka bisa bergabung dengan Bukalapak tanpa harus tinggal di sini, bisa dikerjakan di rumah," ujarnya.

Tak hanya merekrut teknisi di luar Jakarta, lanjut Ibrahim, Bukalapak saat ini juga aktif merekrut teknisi Indonesia yang bekerja di luar negeri. Hal itu merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa Indonesia memilki masa depan cerah di bidang teknologi.

3. Akan merambah kota-kota lain

Bukalapak Segera Bangun Pusat Riset di 4 KotaIDN Times/Indiana Malia

Ibrahim menambahkan, Bukalapak juga dimungkinkan membangun pusat riset di kota-kota lainnya pada tahun depan. Namun, pemilihan kota harus melalui upaya seleksi.

"Nanti Bukalapak bisa mengadakan acara komunitas, lalu dari tim teknisi hadir mengisi acara dan membidik teknisi yang bisa direkrut di wilayah itu," ujarnya.

Baca Juga: Kemenhub: Kapal KM Lestari Maju Sengaja Dikandaskan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya