Cek Fakta: Jokowi Klaim Tenggelamkan 488 Kapal Asing Pencuri Ikan

Kita cek datanya, yuk!

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo mengklaim ada 488 kapal asing yang mencuri ikan di wilayah laut Indonesia berhasil dibakar dan ditenggelamkan. Hal tersebut dilakukan melalui kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibawah pimpinan Menteri Susi Pudjiastuti.

“Dalam 4 tahun kita telah kejar 7 ribu kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan kita . Ada 488 kapal yang kita bakar dan tenggelamkan,” ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Atas kerja keras KKP itu, Jokowi berharap nelayan Indonesia bisa semakin sejahtera dengan memanfaatkan sumber daya alam laut tersebut.

“Menjadi kesempatan nelayan kita untuk memanfaatkan sumber daya alam kita agar mereka sejahtera,” pungkasnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Prabowo Sebut 3 Tolok Ukur Keberhasilan Negara Versi PBB

Cek Fakta: Jokowi Klaim Tenggelamkan 488 Kapal Asing Pencuri IkanKementerian Kelautan dan Perikanan

Saat ditelusuri melalui data Kementerian Kelautan dan Perikanan, tercatat jumlah kapal pelaku illegal fishing yang telah ditenggelamkan sejak Oktober 2014 adalah 488 kapal.

Rincian tersebut terdiri dari kapal asal Vietnam 276 kapal, Filipina 90 kapal, Thailand 50 kapal, Malaysia 41 kapal, Indonesia 26 kapal, Papua Nugini 2 kapal, Tiongkok 1 kapal, Belize 1 kapal dan tanpa negara 1 kapal.

Baca Juga: Soal Isu Laut, Jokowi Disebut Gagal Fokus Saat Bangun Infrastruktur

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya