Dampak Kebakaran Hutan, Iduladha di Pekanbaru Diselimuti Asap

Jarak pandang hanya mencapai 2-3 km

Pekanbaru, IDN Times - Iduladha di Kota Pekanbaru, Riau, berselimut asap lantaran terdampak kebakaran hutan dan lahan.

Bau menyengat seperti arang terbakar terasa menyengat saat umat muslim mulai berbondong-bondong memadati Masjid Raya Annur di Kota Pekanbaru untuk menjalankan salat Iduladha. Panitia di masjid dan warga terpaksa mengenakan masker medis karena asap terasa pekat.

1. Kualitas udara di Pekanbaru buruk, jarak pandang menurun

Dampak Kebakaran Hutan, Iduladha di Pekanbaru Diselimuti AsapDok.BNPB

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kualitas udara pada Minggu (11/8) pagi berasap sehingga jarak pandang menurun.

“Jarak pandang di Pekanbaru pada pagi ini cukup buruk, hanya dua kilometer akibat asap,” kata Staf Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, seperti dikutip Antara, Minggu (11/8).

Baca Juga: Malam Takbiran Iduladha, Pasar Kambing Tanah Abang Kebakaran

2. Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan juga berasap

Dampak Kebakaran Hutan, Iduladha di Pekanbaru Diselimuti AsapDok.BNPB

Ia menjelaskan kondisi berasap juga terpantau di Kota Dumai dengan jarak pandang 2 kilometer. Sementara, di Kabupaten Pelalawan jarak pandang 3 kilometer.

Kualitas udara kini berstatus sedang akibat tercemar asap atau jerebu. Informasi konsentrasi partikulat (PM10) yang terkandung di udara pada sekitar pukul 06.30 WIB lebih dari 110 mikrogram per meter kubik.

“PM10 tercatat di angka 110, kualitas udara sedang,” katanya.

3. Titik api karhutla berada di Kabupaten Indragiri Hulu

Dampak Kebakaran Hutan, Iduladha di Pekanbaru Diselimuti AsapDok.BNPB

Berdasarkan pantauan satelit pada Minggu pagi pukul 06.00 WIB, terpantau ada delapan titik panas di Riau yang jadi indikasi awal Karhutla. Dari jumlah tersebut, ada enam titik yang terindikasi kuat merupakan titik api karhutla.

“Seluruhnya berada di Kabupaten Indragiri Hulu,” katanya.

4. Masyarakat diimbau berdoa agar lekas turun hujan

Dampak Kebakaran Hutan, Iduladha di Pekanbaru Diselimuti AsapDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar mengeluarkan arahan kepada masyarakat, khususnya umat muslim, untuk mewaspadai kabut asap kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga diminta berdoa meminta hujan pada perayaan Iduladha 1440 Hijriah.

“Untuk mengimbau (pada) salat Iduladha tanggal 11 Agustus 2019 atau 10 Zulhijjah 1440 H, dimohon juga agar jemaah minta doa supaya di Riau segera turun hujan,” kata Asisten I Sekretariat Daerah Pemprov (Setdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie.

Baca Juga: Pembatasan Usia Mobil Bisa Kurangi Polusi? Ini Kata Warganet

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya