Diduga Ingin Kacaukan Pilkada, Terduga Teroris JAD Ditangkap

Terduga pelaku tewas ditembak karena melawan

Jakarta, IDN Times - Aksi terorisme belum berakhir. Polri kembali menangkap terduga teroris menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Januari 2018 mendatang.

Karopenmas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan di Jalan E, Tirtapraja Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dekat Gereja Bethel Indonesia atau di bawah flyover Pamanukan, Jumat (22/6).

"Benar, telah dilakukan penindakan hukum terhadap salah seorang terduga pelaku teror pada pukul 15.00 WIB," ujar Iqbal dalam keterangan tertulis.

1. Terduga teroris diduga anggota JAD

Diduga Ingin Kacaukan Pilkada, Terduga Teroris JAD DitangkapTeroris Riau

Iqbal menjelaskan terduga teroris berinisial M dan beralamat di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pelaku diduga termasuk kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Haurgeulis Indramayu dan Subang. 

2. Berencana melakukan aksi amaliyah saat Pilkada serentak 

Diduga Ingin Kacaukan Pilkada, Terduga Teroris JAD DitangkapTeroris Riau

Iqbal menjelaskan terduga teroris diduga akan melakukan amaliyah atau membunuh orang-orang yang tidak sejalan dengan ideologi mereka, pada saat pemungutan suara pada 27 Juni mendatang.

"Diduga merencanakan aksi amaliyah pada saat Pilkada serentak 27 Juni 2018," kata Iqbal.

Adapun barang bukti yang berhasil diperoleh adalah pisau dan ransel berisi bom.

3. Terduga pelaku tewas ditembak karena melawan saat penangkapan

Diduga Ingin Kacaukan Pilkada, Terduga Teroris JAD DitangkapTeroris Riau

Menurut Iqbal, polisi melakukan penembakan terhadap terduga teroris karena berusaha melawan menggunakan pisau. M bahkan akan meraih tas yang berisi bom, saat akan dilakukan penangkapan.

Pelaku saat ini dalam perjalanan ke Rumah Sakit Polri Kramatjati untuk penindakan lebih lanjut.

"Barang bukti yang diduga bom sedang dilakukan analisa dengan menggunakan X-ray dan di-discrupter oleh Tim Jibom Brimob Polda Jabar," kata Iqbal.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya