Comscore Tracker

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak Terganggu

Ini dijanjikan tak pengaruhi netralitas TNI-Polri yang aktif

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan dukungan dari seribuan purnawirawan TNI dan Polri. Dukungan tersebut dideklarasikan dalam acara silaturahmi purnawirawan TNI/Polri di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (10/2) sore.

"Tentunya mendukung sosok pimpinan tauladan yang bersih, jujur, kerja nyata, merakyat, dan memiliki komitmen kuat untuk membangun rakyat Indonesia. Sosok ini tercermin pada Bapak Ir Joko Widodo yang sudah terbukti selama empat tahun memimpin Republik Indonesia yang kita cintai bersama," ujar mantan KASAL periode 1996-1998 Laksamana TNI Arif Kusharyadi.

1. Dukungan dari seribu purnawirawan TNI-Polri dideklarasikan

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak Terganggubiro pers kepresidenan

Oleh sebab itu, lanjut Arif, para purnawirawan TNI-Polri yang hadir pada acara silahturahmi tersebut menyatakan dukungannya pada paslon Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Maka kami dengan bulat mendukung Bapak Ir Jokowi- Prof Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024 dalam melanjutkan pembangunan sesuai nawacita 2, yakni untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat dan mandiri, berkepribadian berlandaskan pancasila dan UUD 1945," ujar Arif.

Hadir dalam acara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Dai Bachtiar, dan lain-lain.

2. TNI dan Polri harus netral

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak Terganggubiro pers kepresidenan

Menanggapi dukungan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa sejatinya TNI dan Polri harus netral. Namun, lain halnya jika dukungan itu diberikan oleh para purnawirawan TNI dan Polri yang selesai bertugas.

"Yang hadir di sini adalah para purnawirawan TNI/Polri, tolong dibedakan," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Peroleh Dukungan dari Seribu Purnawirawan TNI-Polri

3. Dukungan purnawirawan TNI-Polri dinilai tidak mengganggu netralitas

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak TergangguIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Kendati para purnawirawan tersebut memiliki junior yang masih bertugas, dia yakin hal itu tidak mengganggu netralitas.

"Ndak, ndak, ndak. Jadi, beliau ini para purnawirawan TNI-Polri adalah tokoh-tokoh yang ada di masyarakat, daerah, provinsi, kabupaten/kota," ujar Jokowi.

4. Dukungan diberikan karena kinerja Jokowi sebagai presiden dianggap telah terbukti

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak TergangguANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sebelumnya, Koordinator deklarasi, Laksamana Muda TNI (Purn) Iskandar Sitompul mengatakan, para purnawirawan yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi menilai bahwa Jokowi adalah pemimpin yang tauladan, jujur, dan bersih.

"Bahkan Jokowi juga tidak memiliki permasalahan keluarga sehingga selalu bekerja keras untuk membuat negara ini maju dalam segala hal. Kinerja Jokowi kita bisa lihat," ujar Iskandar seperti dikutip Antara.

Menurut dia, masifnya pembangunan infrastruktur di era Jokowi menjadi alasan lain para purnawirawan memberi dukungan. Sejumlah infrastruktur yang dianggap positif bagi pembangunan bangsa yang dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi seperti jalan tol, bendungan, bandara, hingga pelabuhan.

"Ini kan sudah teruji kepemimpinan beliau. Makanya purnawirawan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan polisi saat bertemu dalam dialog mengatakan mau mendukung," katanya.

5. Deklarasi Jokowi-Ma'ruf di Istora Senayan

Didukung 1000 Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi: Netralitas Tak TergangguIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain purnawirawan TNI-Polri, kelompok yang menamakan diri mereka Alumni SMA Jakarta Bersatu juga mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf. Acara deklarasi ini dihelat di Istora Senayan.

Baca Juga: Tangga untuk Jokowi dan Senyum yang Mengembang

Topic:

  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 14:00:05

Progress: 730.417 dari 813.350 TPS (89.80353%)

Just For You