Disebut Kue Tak Islami, Klepon Jadi Bahan Plesetan Warganet 

Ada-ada saja warganet +62

Jakarta, IDN Times - Tagar #Klepon menjadi trending topic di linimasa Twitter hari ini. Hingga pukul 20.13 WIB, tagar tersebut masih menempati urutan kedua setelah tagar #LunaMaya. Sebanyak 57.500 twit tersemat di sana.

Ada apa dengan klepon?

1. Klepon disebut sebagai kue yang tak Islami

Disebut Kue Tak Islami, Klepon Jadi Bahan Plesetan Warganet ISTIMEWA

Kue klepon menjadi viral setelah beberapa akun sosial media menyebutnya sebagai kudapan tidak Islami.

"Kue klepon tidak Islami. Yuk, tinggalkan jajanan yang tidak Islami dengan cara membeli jajanan Islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami," demikian keterangan yang tertulis dalam gambar klepon.

Gambar tersebut juga memuat nama Abu Ikhwan Azis yang diduga sebagai pemilik toko syariah.

Baca Juga: Trending Klepon Tidak Islami, 5 Fakta Kue Klepon yang Mesti Kamu Tahu

2. Menjadi bahan plesetan warganet

Disebut Kue Tak Islami, Klepon Jadi Bahan Plesetan Warganet instagram.com/chokelysweet

Lantaran viral, kue tersebut lantas menjadi bahan plesetan warganet Twitter. Misalnya, akun @TretanMuslim.

"Memang benar kue ini tidak islami karena kelapa putih itu melambangkan salju, salju tradisi natal. Memang ini cara terselubung misionaris. Memurtadkan orang lewat klepon," katanya.

Begitu pula dengan akun @andihiyat. "Klepon yang paling aku inginkan ada nomer klepon kamu," tulis dia.

3. Apa itu kue klepon?

Disebut Kue Tak Islami, Klepon Jadi Bahan Plesetan Warganet twitter.com/kianinara1

Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang tidak habis ditelan zaman. Meski telah ada sejak puluhan tahun silam, eksistensi klepon tetap cemerlang hingga sekarang di mata para pencinta kudapan tradisional.

Kue unik dengan bentuk bulat ini memang menjadi favorit, sebab rasanya menggugah selera dengan sensasi lelehan gula merah begitu digigit. 

Umumnya masyarakat Indonesia menyebut kudapan ini sebagai klepon. Akan tetapi, di beberapa daerah seperti di Sumatera Barat, kue basah ini dikenal dengan sebutan onde-onde. Padahal nama onde-onde ini merupakan jenis lain dari sebuah jajanan tradisional khas Indonesia juga.

Meski sama-sama berbentuk bulat dan memiliki isian, klepon dan onde-onde memiliki tampilan fisik yang berbeda. Di mana klepon terbuat dari tepung ketan dan umumnya berwarna hijau dengan taburan kelapa parut, sedikit lebih kecil ukurannya, memiliki isian gula merah yang meleleh ketika digigit. Sementara onde-onde terbuat dari tepung terigu, memiliki ukuran yang lebih besar dengan taburan biji wijen dan isian yang lebih padat (umumnya kacang hijau).

Baca Juga: Resep Klepon Cake, Klepon Unik Ala Farah Quinn

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya