Comscore Tracker

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar Mas

Sandiaga mendapatkan banyak motivasi dari Eka Tjipta

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya pengusaha Eka Tjipta Widjaja. Pendiri Sinar Mas tersebut meninggal pada usia 98 tahun, Sabtu (26/1) pukul 19.43 WIB. Jenazah masih disemayamkan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Saya berduka cita dan berbelasungkawa atas kepergian Pak Eka. Beliau adalah salah satu pengusaha yang betul-betul berjuang dari usaha kecil sampai menjadi salah satu yang terbesar di Asia," ujar Sandi di RSPAD Gatot Subroto, Minggu (27/1).

1. Sandi menerima nasihat seputar bisnis dari Eka Tjipta

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasIDN Times/Musthofa Aldo

Pada awal karier sebagai pengusaha, kata Sandiaga, dirinya sempat bertemu Eka Tjipta dan dinasihati, bahwa bisnis yang besar harus disertai kerja keras dan jejaring.

"Banyak teman, silaturahmi, banyak teman, banyak rezeki. Hari ini kita kehilangan Beliau di usia yang ke-98. Mudah-mudahan apa yang dirintis terus menjadi mitra pemerintah Indonesia," kata Sandi.

Menurut Sandiaga, untuk membuka lapangan kerja seluasnya dibutuhkan dunia usaha yang kuat. Hal itu perlu ditopang kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro terhadap penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.

"Ini yang kami yakini sebagai hal penting yang bisa kita serap dari inspirasi tokoh Pak Eka," imbuh Sandi.

Baca Juga: Inna Lillahi, 'Ronaldinho Indonesia' Meninggal Dunia

2. Eka Tjipta ekspansi usaha ke banyak negara

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasTwitter/@SemarangTalks

Sandiaga mengatakan, saat dirinya diangkat pertama kali sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dia mengunjungi Eka Tjipta sekitar 12-13 tahun lalu. Eka berbagai pengalaman bisnis, yang menyarankan untuk membuka peluang usaha dan pertemanan.

"Beliau membangun jejaring tak hanya di Indonesia, tetapi juga di China, Hongkong. Kita lihat bagaimana ekspansi bisnis Sinarmas adalah hasil kepemimpinan Beliau. Sekarang sudah dikerjakan generasi kedua, Sinarmas terus bertumbuh," ungkap dia.

3. Motivasi Eka Tjipta bisa mendatangkan pertumbuhan ekonomi

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menurut Sandiaga, pengalaman Eka Tjipta menjadi motivasi pengusaha pemula dan Usaha Mikro dan Kecil Menengah(UMKM) untuk bekerja keras, dan bangun membangun jejaring agar sukses di dunia usaha.

Sandiaga yakin motivasi Eka Tjipta akan mendatangkan banyak pertumbuhan di bidang ekonomi, jika dieksekusi dalam keseharian.

"Pernah kerja sama dengan Grup Sinarmas di berbagai usaha dan Kadin beberapa kali. Ada kerja bareng Indra Wijaya dan Pak Frankie, mereka adalah pengusaha ulet," tutur dia.

4. Eka Tjipta meninggal karena faktor usia dan kondisi kesehatan

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sebelumnya, Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto mengatakan faktor usia dan kesehatan menjadi penyebab kematian Eka Tjipta.

“Jenazah disemayamkan di rumah duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jalan Abdul Rachman Saleh No 24 - Senen, Jakarta Pusat. Para pelayat dapat menyampaikan belasungkawa pada hari Minggu (27/1) mulai pukul 19.00 WIB, setelah prosesi dari keluarga usai. Kami memohon pengertian dari para rekan, kerabat dan handai taulan,” ujar dia.

5. Jenazah akan dimakamkan di Karawang

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Gandi menjelaskan jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu, 2 Februari 2019.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, ucapan belasungkawa dimohon tidak dalam bentuk karangan bunga. Simpati dan tanda kasih, akan didonasikan untuk membantu saudara-saudara kita, korban bencana alam," kata Gandi.

6. Eka Tjipta dikenal ulet sejak kecil

Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar MasANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sinar Mas berawal ketika Eka Tjipta Widjaja yang ketika itu masih bernama Oei Ek Tjhong, dan baru berusia 15 tahun mulai berwirausaha. Ia mulai menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan, 3 Oktober 1938.

Meski hanya lulusan sekolah dasar, Eka Tjipta tak ada harapan dan cita-cita yang terlalu tinggi. Filosofi jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial menjadi pedoman hidupnya.

Pedoman tersebut kemudian bermetamorfosis menjadi nilai-nilai luhur Sinar Mas, yakni integritas, sikap positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif dan loyal.

Kini sebagai sebuah brand, Sinar Mas menaungi sejumlah perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri.

Perusahaan tersebut, bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur. Belakangan, Sinar Mas juga memasuki pula ranah bisnis digital ventures.

Baca Juga: Pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta, Meninggal Dunia di Usia 98 Tahun

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya