Comscore Tracker

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir

Saudi eksekusi Tuti tanpa memberi tahu Indonesia

Jakarta, IDN Times - Puluhan orang berkumpul di depan gedung Kedutaan Arab Saudi pada Jumat (2/11) sejak pukul 09:00 WIB. Mereka memprotes eksekusi mati yang dilakukan oleh otoritas Saudi terhadap Tenaga Kerja Wanita (TKW) Tuti Tursilawati pada Senin (29/10) di Thaif. 

TKW asal Majalengka itu berangkat ke Saudi pada tahun 2009 lalu demi memperbaiki perekonomian keluarga. Apalagi pasca berpisah dengan suaminya, Tuti menjadi tulang punggung bagi keluarga dan satu orang putrinya. 

Eskekusi dilakukan otoritas Saudi tanpa memberitahukan Pemerintah Indonesia. Itu juga yang membuat keluarga Tuti di Majalengka terkejut. 

Para aktivis yang berdiri di depan gedung Kedutaan Saudi meneriakan agar negeri Petro Dollar itu menghentikan praktik hukuman pancung. Mereka juga melakukan aksi simbolisasi dengan menyegel pintu masuk ke gedung kedutaan. 

"Setop hukuman mati sekarang juga! Arab Saudi pembunuh!," teriak pendiri Migrant Care, Anis Hidayah, di depan Kedutaan Besar Arab Saudi.

Dalam pandangan Migrant Care praktik hukuman mati yang masih diberlakukan oleh Saudi merupakan contoh pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Oleh sebab itu, Anis mendesak agar uji coba pengiriman TKI ke Saudi dibatalkan. 

"Kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk mengkaji ulang uji coba pengiriman 30.000 pekerja migran Indonesia ke Arab Saudi," kata Anis lagi. 

Lalu, bagaimana suasana aksi demonstrasi demi menyatakan keprihatinan terhadap nasib Tuti?

1. Massa mendesak agar Dubes Saudi di Indonesia diusir

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir(Pintu masuk ke Kedutaan Saudi disegel) IDN Times/Indiana Malia

Baca Juga: Sebelum Ditangkap, Tuti Tursilawati Sempat Diperkosa di Saudi 

2. Tuti Tursilawati dieksekusi mati di Saudi karena membunuh ayah majikan

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir(Poster Tuti Tursilawati) IDN Times/Indiana Malia

3. Tuti Tursilawati merupakan TKI ke-5 yang dieksekusi mati di Saudi sejak tahun 2011 lalu

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir(Poster agar Saudi menghentikan hukuman mati) IDN Times/Indiana Malia

4. Sebelum dieksekusi, Tuti sempat diperkosa oleh sembilan pemuda di Saudi

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir(Poster yang menuntut agar Saudi menghentikan praktik hukuman mati) IDN Times/Dimas

5. Tuti Tursilawati dieksekusi mati tanpa diberitahu ke Pemerintah Indonesia

FOTO: Protes Eksekusi Tuti Tursilawati, Massa Minta Dubes Saudi Diusir(Aktivis memprotes sikap Saudi yang tetap mengeksekusi mati Tuti Tursilawati) IDN Times/Indiana Malia

Baca Juga: Jokowi Sesalkan Eksekusi Mati Tuti di Arab Saudi Tanpa Notifikasi

Topic:

Berita Terkini Lainnya