Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah Warga

Warga gak perlu antre berdesakan pakai kupon lagi sekarang

Jakarta, IDN Times - Pengelola Masjid Istiqlal memastikan seluruh daging kurban akan diantar langsung ke rumah warga. Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Huraihah mengatakan, masyarakat kini tak perlu antre menggunakan kupon seperti tahun sebelumnya.

"Masyarakat pasti senang kalau diantar langsung ke depan rumah. Gak perlu antre pakai kupon lagi," kata Abu saat ditemui IDN Times di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (11/8).

1. Penerima daging kurban dipastikan tepat sasaran

Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah WargaIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Abu memastikan penerima daging kurban tepat sasaran. Sebab, pihak panitia sudah melakukan survei ke lokasi.

"Kami bekerja sama dengan pengurus RT dan RW, kami daftar warga yang berhak dapat daging kurban. Ada juga yang sudah pindah alamat, kami verifikasi," ujarnya.

2. Penerima diprioritaskan warga terdekat

Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah WargaIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Menurut Abu, penerima daging kurban diprioritaskan warga yang rumahnya dekat dengan Masjid Istiqlal. Panitia membagi area menjadi lima rayon, di antaranya Rayon Juanda, Rayon Kemayoran, Rayon Tanah Tinggi Senen, Rayon Kramat Raya, dan Rayon Tanah Abang.

"Jadi nanti ada koordinatornya di setiap rayon. Kalau daging sudah siap, baru dikirim ke masing-masing rayon. Tiap keluarga menerima satu besek, isinya 1 kilogram," jelasnya.

3. Sebanyak 5.000 besek disiapkan

Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah WargaIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Pengelola Masjid Istiqlal menyiapkan 5.000 besek ramah lingkungan untuk mengemas daging kurban. Abu mengatakan, besek tersebut dipesan khusus dari Tasikmalaya.

"Setelah disembelih, daging dicacah dan ditimbang sampai 1 kilogram, lalu dimasukkan dalam plastik ramah lingkungan, baru dimasukkan besek. Kalau langsung ke besek nanti darahnya menetes dan bau," ujar Abu.

Baca Juga: Sapi Jokowi Jadi Hewan Kurban Pertama yang Disembelih di Istiqlal

4. Sudah empat tahun Masjid Istiqlal menggunakan plastik ramah lingkungan

Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah WargaIDN Times/Indiana Malia

Abu menjelaskan, sudah 4 tahun terakhir Masjid Istiqlal menggunakan plastik ramah lingkungan. Plastik tersebut berbahan baku bambu yang cepat terurai. Tahun ini, Masjid Istiqlal juga memakai besek berdasarkan anjuran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Seandainya daging berlebih dan beseknya habis, ya kami pakai plastik ramah lingkungan itu buat jaga-jaga," ungkapnya.

5. Target sebelum magrib daging kurban sudah didistribusikan

Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah WargaIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Menurut Abu, proses penyembelihan hewan kurban tahun ini dipercepat. Usai salat Iduladha, sekitar pukul 08.00 WIB dilakukan penyerahan simbolis hewan kurban dari presiden dan wakil presiden yang diwakili Menpan-RB. Setelah istirahat 30 menit, barulah dilakukan pemotongan hewan kurban.

"Targetnya sebelum magrib sudah didistribusikan. Kalau tahun lalu kan disembelihnya malam, jelang pagi kelar, baru esoknya dibagi," jelas Abu.

Baca Juga: Jokowi Kurban Sapi Limosin 1,7 Ton di Masjid Istiqlal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya