Gempa 5,2 SR Guncang Palu, Tidak Berpotensi Tsunami

Tak ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi kembali mengguncang Kota Palu pagi ini, Selasa (9/10). Gempa yang terjadi pukul 04.15 WIB tersebut berada pada 5 kilometer Timur Laut di Kota Palu. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer. 

1. Gempa tidak berpotensi tsunami

Gempa 5,2 SR Guncang Palu, Tidak Berpotensi TsunamiListrik menyala di sebagian wilayah Palu (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa dirasakan kuat selama 5 detik. Masyarakat setempat sempat panik, namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa," ungkap Sutopo melalui pesan tertulis.

2. Masih banyak korban tertimbun tanah dan lumpur

Gempa 5,2 SR Guncang Palu, Tidak Berpotensi TsunamiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hingga saat ini, diperkirakan masih banyak korban yang tertimbun tanah dan lumpur di 3 tempat, yaitu Balaroa, Petobo dan Jono Oge.

"Evakuasi sangat berat karena rumah tertimbun hingga 3 meter. Lokasi ini nantinya akan dibangun Memory Park (tempat bersejarah) dan dibangun monumen," ungkapnya.

Baca Juga: Pascagempa dan Tsunami, PNS di Palu Mulai Masuk Kantor Pagi Ini

3. Kerugian ekonomi mencapai Rp10 triliun

Gempa 5,2 SR Guncang Palu, Tidak Berpotensi TsunamiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dalam akun Twitter-nya, Sutopo juga menggambarkan perbandingan sebelum dan sesudah tsunami di Teluk Palua. Jembatan Kuning yang sebelumnya sebagai jembatan kebanggaan Kota Palu kini tampak hancur akibat gempa. 

"Kerugian dan kerusakan ekonomi akibat bencana di Sulawesi Tengah diperkirakan mencapai lebih dari Rp 10 triliun," kata dia.

Selain itu, citra satelit yang memotret sebelum dan sesudah tsunami di sebagian Kota Palu menunjukkan kerusakan masif di sepanjang pantai Teluk Palu. Ada 1.539 jiwa korban meninggal dunia di Kota Palu (data per 8 Oktober 2018). 

"Sebagian besar disebabkan tsunami. Perlu tata ruang yang lebih baik nantinya," ungkapnya.

Baca Juga: Bocah Korban Gempa Palu Ini Dapat Dukungan dari Pemain Manchester City

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya