Gunung Batukaru Bali Kebakaran, Tak Ada Korban Jiwa

Penyebab kebakaran masih diselidiki

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di sekitar puncak Gunung Batukaru, Tabanan, Bali, Senin (12/8). Api membakar kawasan seluas 300 m2.

Hingga kini masih ada dua titik api di sekitar puncak gunung. Sementara, tim gabungan telah dikerahkan ke lokasi titik kebakaran.

Baca Juga: Satu Perusahaan Jadi Tersangka Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

1. Masih ada dua titik api di sekitar puncak gunung

Gunung Batukaru Bali Kebakaran, Tak Ada Korban JiwaANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Berdasarkan laporan Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari ini, Selasa (13/8), pukul 06.00 WIB, api telah berhasil dipadamkan personel gabungan. Namun, personel di lapangan masih melihat ada bara api di bekas kawasan terbakar.

"Hasil pantauan dari tim gabungan hingga Senin (12/8) malam, ditemukan dua titik api yang berada di dua lokasi yang berbeda di sekitar puncak gunung," ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Salasa.

2. Penyebab kebakaran masih diselidiki dan tim gabungan sedang menuju titik api

Gunung Batukaru Bali Kebakaran, Tak Ada Korban JiwaANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu

Menurut Agus, kronologi terjadinya kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan. Sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa. "Kerugian yang disebabkan oleh peristiwa itu masih dalam proses pendataan," kata dia.

Tim gabungan yang berjumlah 99 personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan, prajurit TNI, personel Polri, anggota SAR dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) sedang berupaya menuju titik lokasi dengan berjalan kaki dalam estimasi waktu sekitar enam jam.

3. Satu mobil pemadam kebakaran disiagakan

Gunung Batukaru Bali Kebakaran, Tak Ada Korban JiwaDok.IDN Times/Istimewa

Sementara, tim gabungan pemadam juga menyiagakan satu mobil pemadam kebakaran di kaki Gunung Batukaru, sebagai bagian dari upaya pemadaman.

Gunung Batukaru dengan tinggi 2.276 MDPL ini merupakan gunung tertinggi kedua, setelah Gunung Agung di Bali. Tiga jalur pendakian menuju puncak Batukaru dapat melalui Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel (840 MDPL), Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel (835 MDPL) dan Desa Pujuangan, Kecamatan Pupuan (1.090 MDPL).

Baca Juga: Jokowi Meradang, 4 Pejabat Ini Rame-Rame Pantau Kebakaran Hutan Riau

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya