Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Ajang Olimpiade Matematika

Membanggakan ya guys

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Pada ajang International Mathematica Olympiad 2018 di Cluj-Napoca, Rumania, Indonesia menduduki peringkat ke-10 dari 106 negara. Itu merupakan peringkat tertinggi yang dicapai Indonesia di atas Australia, Inggris, dan Hong Kong dalam 30 tahun kepesertaan ajang bergengsi tersebut.

"Ya, tadi pagi pukul 08.00 tim sudah tiba di Jakarta," ujar Koordinator tim IMO Indonesia Aleams Barra kepada IDN Times, Minggu (15/7).

International Mathematica Olympiad (IMO) adalah olimpiade sains untuk siswa SMA yang tertua dan terbesar. Pada 2018 IMO ke-59 diselenggarakan di Cluj-Napoca, Rumania yang diikuti lebih dari 100 negara dengan lebih dari 600 peserta.

1. Siswa dituntut berpikir cepat dan kreatif

Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Ajang Olimpiade Matematikabrandsouthafrica.com

Barra menjelaskan pada ajang Olimpiade Matematika tersebut, siswa diminta mengerjakan enam soal Matematika, masing-masing tiga soal per hari yang harus dikerjakan dalam waktu 4,5 jam.

Soal-soal yang diberikan merupakan soal-soal yang orisinal dengan tipe soal yang belum pernah dikerjakan oleh siswa sebelumnya.

"Untuk dapat mengerjakannya dituntut kecepatan berpikir, ketenangan mental dan kreativitas yang tinggi," tutur dia.

2. Berhasil meraih 1 emas dan 5 perak

Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Ajang Olimpiade Matematikacordana2000.wordpress.com

Pada IMO kali ini, Indonesia mencatat hasil terbaiknya sepanjang masa dengan perolehan satu emas dan lima perak. Keenam siswa berprestasi tersebut adalah Gian Cordana Sanjaya (emas), Valentino Dante (perak), Farras Mohammad Hibban Faddila (perak), Kinantan Arya Bagaspati (perak), Alfian Edgar Tjandra (perak), dan Otto Alexander Sutianto (perak).

Dengan perolehan medali ini, tim Indonesia secara membanggakan menempati urutan ke-10 dan mendapatkan prestasi lebih baik dibanding beberapa negara-negara kuat seperti Australia, Inggris, dan Kanada.

"Prestasi terbaik Indonesia sebelumnya adalah menempati urutan ke-19 di 2013," jelas Barra.

3. Indonesia menduduki peringkat ke-10

Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Ajang Olimpiade Matematikacordana2000.wordpress.com

Tim Olimpiade Matematika Indonesia didampingi Aleams Barra (leader), Hery Susanto (Deputy Leader), Fajar Yuliawan, dan Fonda Ambitasari.

"Keberhasilan tim tahun ini terutama adalah atas karunia Tuhan. Begitu pula kerja keras siswa untuk mempersiapkan diri, serta dukungan dari orangtua dan para pembina Tim Olimpiade Matematika Indonesia berakhir dengan hasil yang sangat membanggakan. Kesuksesan ini juga tidak terlepas dari dukungan dan doa dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ucap Barra.

Berikut adalah ke-10 negara dengan peringkat tertinggi dalam IMO 2018, beserta perolehan nilai total dari tim masing-masing:

1. Amerika Serikat (212)

2. Rusia (201)

3. China (199)

4. Ukrainia (186)

5. Thailand (183)

6. Taiwan (179)

7. Korea Selatan (177)

8. Singapura (175)

9. Polandia (174)

10. Indonesia (171)

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya