Hore! Garuda Indonesia dan Citilink Sediakan WiFi Gratis Mulai 2019

Penumpang dapat menikmati layanan WiFi hingga 50 Mbps

Jakarta, IDN Times - Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi meluncurkan fasilitas free inflight connectivity. Layanan tersebut dapat dinikmati mulai 2019 mendatang. 

"Nantinya pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia," ujar Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Rabu (14/11). 

Menurut Juliandra, keberadaan inflight WiFi gratis tak hanya memperkuat pasar yang sudah ada. Generasi millennials menjadi pangsa pasar baru yang belum tersentuh. "Millennials, kan, suka bepergian," ujarnya.

1. Armada pesawat dilengkapi GX Aviation System

Hore! Garuda Indonesia dan Citilink Sediakan WiFi Gratis Mulai 2019ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Untuk menyediakan fasilitas free inflight connectivity tersebut, Juliandra menambahkan, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation System. Itu merupakan produk dari Inmarsat Aviation yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan layanan internet selama penerbangan. 

"GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS)," imbuhnya. 

Menurut Juliandra, layanan konektivitas tersebut sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerja sama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

Baca Juga: Garuda Indonesia Group Ambil Alih Operasional Sriwijaya dan NAM Air

2. Penumpang dapat menikmati layanan WiFi hingga 50 Mbps

Hore! Garuda Indonesia dan Citilink Sediakan WiFi Gratis Mulai 2019IDN Times/Indiana Malia

Dirut Mahatta Aero M. Fitriansyah menambahkan, setiap penumpang dapat menikmati layanan WiFi berkecepatan maksimum 50 Mbps. Penumpang juga tidak dikenakan biaya tambahan, kecuali jika kuota habis dan penumpang masih menginginkan layanan tersebut. 

"Kami akan segera memulai persiapan pemasangan WiFi dalam pesawat. Proses persiapan akan berlangsung selama 6-8 bulan," kata Fitriansyah.

3. WiFi gratis dapat dinikmati di 8 maskapai pada tahap awal

Hore! Garuda Indonesia dan Citilink Sediakan WiFi Gratis Mulai 2019IDN Times/Indiana Malia

Pada tahap awal, layanan WiFi gratis tersebut dapat dinikmati di 8 armada pesawat jenis 737 dan Airbus A330. Pemasangan WiFi gratis akan dimulai pada maskapai Citilink pada awal Desember 2018, kemudian dilanjutkan pada maskapai lain secara bertahap. 

Demi keamanan, Fitriansyah menjelaskan, layanan WiFi gratis tersebut baru dapat digunakan ketika pesawat berada di atas ketinggian 30.000 kaki. Saat landing, take off, atau taxing, layanan WiFi akan mati secara otomatis. 

Sebelumnya, tahun 2013 Garuda Indonesia telah menyediakan layanan WiFi pada seluruh armada B777-300ER dan beberapa armada Airbus A330. Layanan WiFi tersebut dapat digunakan pada rute-rute penerbangan internasional. 

Baca Juga: Sempat Ditutup, Garuda Indonesia Buka Kembali Rute Jakarta - London

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya