IDN Foundation Salurkan Donasi Rp300 Juta untuk Korban Bencana Sigi

Donasi dikumpulkan melalui kitabisa.com

Jakarta, IDN Times - IDN Media melalui IDN Foundation menyalurkan donasi senilai Rp300 juta untuk masyarakat terdampak tsunami dan gempa bumi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Donasi tersebut berasal dari pembaca setia IDN Media yang dikumpulkan melalui situs penggalangan dana (fundraising) kitabisa.com.

1. IDN Media mendorong generasi muda aktif membantu sesama

IDN Foundation Salurkan Donasi Rp300 Juta untuk Korban Bencana SigiIDN Times/Kevin Handoko

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) IDN Media Winston Utomo mengatakan, ide menggalang dana tercetus lantaran melihat pembaca IDN Media yang didominasi generasi millennial. Dia ingin anak-anak muda Indonesia terlibat membantu sesama.

"Kami berpikir untuk mencoba memanfaatkan fundraising. Akhirnya kami buat IDN Fondation. Dalam proses penggalangan dana ini, kami melihat yang menyumbang kebanyakan usianya di bawah 20 tahun. Ada yang menyumbang Rp10 ribu, Rp20 ribu. Semoga bisa membantu," kata Winston saat penyerahan donasi di Kantor IDN Media, Jakarta, Minggu (5/5).

Baca Juga: 30 Hari Membuat Peta Pasca Bencana Gempa Palu

2. Donasi akan disalurkan pada masyarakat Kabupaten Sigi

IDN Foundation Salurkan Donasi Rp300 Juta untuk Korban Bencana SigiIDN Times/Kevin Handoko

Bupati Kabupaten Sigi Mohamad Irwan Lapata mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari pembaca IDN Media. Menurut Irwan, pemerintah daerah tak dapat mengatasi semua bencana sendirian.

"Pemerintah tetap membutuhkan bantuan donasi dari para NGO, termasuk IDN Media. Terima kasih. Semua bantuan akan kami manfaatkan untuk masyarakat, terutama anak-anak," kata Irwan.

3. Donasi dimanfaatkan untuk pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur

IDN Foundation Salurkan Donasi Rp300 Juta untuk Korban Bencana SigiIDN Times/Kevin Handoko

Irwan menjelaskan donasi tersebut akan difokuskan untuk hal-hal mendesak dan prioritas, yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Hingga saat ini, tercatat ada 100 bangunan sekolah dasar yang rusak.

"Sekarang masih tahap perbaikan, sebagian ada yang masih pakai tenda untuk belajar mengajar. Ketika sekolah berdiri, tentu kami masih butuh sarana lainnya. Insyaallah donasi ini akan kami gunakan untuk pengadaan kursi di sekolah tingkat SD," kata dia.

Selain itu, kata Irwan, sebagian donasi juga akan dimanfaatkan untuk membeli obat-obatan, pengadaan air bersih, dan MCK.

Baca Juga: Mengharukan: 30 Anak Korban Gempa Palu Berkumpul Lagi dengan Keluarga

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya