Imbas Kebakaran Tangki Kilang Minyak Balongan, 3 Orang Hilang 

Sebanyak lima desa terdampak kebakaran

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 912 jiwa diungsikan setelah tangki di Kilang Minyak milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami kebakaran pada Senin (29/3/2021) pukul 01.59 WIB.

Adapun rincian pengungsi tersebut meliputi 220 jiwa di GOR Komplek Perum Pertamina Bumi Patra, 300 jiwa di Pendopo Kantor Bupati Indramayu dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu.

"Data korban jiwa yang berhasil dihimpun hingga pukul 08.00 WIB adalah 5 orang luka berat, 15 orang luka ringan dan 3 orang masih dalam pencarian," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 950 Warga Mengungsi Dampak Kilang Balongan Terbakar

1. Lima desa terdampak kebakaran tangki Kilang Minyak Balongan

Imbas Kebakaran Tangki Kilang Minyak Balongan, 3 Orang Hilang Kilang Minyak Balongan Kebakaran (IDN Times/Wildan)

Berdasarkan laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, peristiwa terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak pada lima desa meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung.

"Selain membantu warga mengungsi ke tempat lebih aman, BPBD Kabupaten Indramayu juga telah mendirikan tenda Satgas Penanganan Kebakaran dan memberikan bantuan logistik," jelasnya.

2. Proses pemadaman masih berlangsung

Imbas Kebakaran Tangki Kilang Minyak Balongan, 3 Orang Hilang Ilustrasi Kilang Minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam rangka percepatan penanganan kebakaran tersebut, BPBD Kabupaten Indramayu juga berkoordinasi dengan TNI/Polri dan Basarnas setempat guna melakukan evakuasi warga setempat serta para pekerja.

"Hingga saat ini, TRC BPBD Kabupaten Indramayu masih melakukan pendataan di lokasi terbakarnya kilang minyak tersebut," kata dia.

Raditya mengatakan hingga saat ini api masih dalam proses pemadaman. Warga diimbaun tidak panik serta selalu mengikuti arahan pihak-pihak yang berwajib untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: [BREAKING] Pertamina Masih Kendalikan Kebakaran Kilang Balongan, 4 Warga Terluka

3. Dirut Pertamina minta maaf pada warga Balongan

Imbas Kebakaran Tangki Kilang Minyak Balongan, 3 Orang Hilang Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (Dok. Pertamina)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati meminta maaf kepada warga atas insiden meledaknya tangki milik perusahaan BUMN itu di Balongan, Indramayu pada Senin (29/3/2021). Akibat ledakan dan terbakarnya tangki di RU VI itu lima warga sekitar mengalami luka berat. Mereka kini masih dirawat di rumah sakit. 

"Saya prihatin atas insiden ini dan memohon maaf kepada masyarakat. Mohon doa agar kami beserta stakeholder dapat menangani insiden ini," ujar Nicke ketika memberikan keterangan pers pada pagi ini.

Baca Juga: [BREAKING] Kilang Minyak Balongan Meledak, Stok BBM Dipastikan Aman

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya