Jadi Tersangka, Ini Deretan Prestasi Olahraga Era Menpora Imam Nahrawi

Ada empat prestasi besar

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, sebagai tersangka penerima suap dalam kasus dugaan korupsi bantuan proposal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Imam ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga menerima suap senilai Rp26,5 miliar.

Selama menjabat Menpora, apa saja prestasi bidang olahraga yang berhasil dicetak Imam Nahrawi?

Baca Juga: [BREAKING] Pengganti Imam Nahrawi Bakal Diumumkan Jokowi Hari Ini

1. Atlet Indonesia meraih satu emas dan dua perak di ajang Olimpiade Rio de Janeiro

Jadi Tersangka, Ini Deretan Prestasi Olahraga Era Menpora Imam NahrawiDok.IDN Times

Pada masa kepemimpinan Imam Nahrawi pada 2016, Indonesia berhasil meraih satu emas pada Olimpiade Rio de Janeiro. Medali emas tersebut disumbang pasangan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dari cabang olahraga bulutangkis.

Indonesia juga meraih dua perak yang disumbang Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan dari cabang olahraga angkat besi.

2. Indonesia meraih peringkat keempat di Asian Games 2018

Jadi Tersangka, Ini Deretan Prestasi Olahraga Era Menpora Imam Nahrawidjarumbadminton.com

Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 berhasil meraih peringkat keempat dengan perolehan 98 medali. Di antaranya 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Hasil prestasi ini menjadi pencapaian tertinggi tim Merah Putih selama turut serta di ajang Asian Games. Selain itu, Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang meraih peringkat 10 besar.

3. Atlet-atlet juara Indonesia mendapatkan bonus fantastis

Jadi Tersangka, Ini Deretan Prestasi Olahraga Era Menpora Imam NahrawiANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pada era Imam Nahrawi, para atlet yang berlaga di tingkat internasional mendapatkan bonus fantastis. Jika sebelumnya atlet peraih medali emas hanya mendapat bonus rata-rata Rp1 miliar, kini mereka bisa meraih bonus hingga mencapai Rp5 miliar.

Misalnya, tim bulutangkis putra dan putri Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Malaysia, mereka mendapat bonus Rp5 miliar dari Kemenpora. Tak hanya itu, bonus atlet berprestasi di Asian Games dan Asian Paragames 2018 juga fantastis. Masing-masing atlet peraih emas mendapatkan Rp1,5 miliar.

4. Atlet Indonesia menjuarai turnamen AFF

Jadi Tersangka, Ini Deretan Prestasi Olahraga Era Menpora Imam NahrawiANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA

Di bidang sepak bola, Timnas Indonesia U-22 juga berhasil menjuarai turnamen bergengsi di Asia Tenggara, yaitu AFF. Timnas berhasil meraih Piala AFF usai mengalahkan Thailand di partai final yang dihelat di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, pada Februari 2019. Dalam laga tersebut, Garuda Nusantara menang dengan skor 2-1.

Tak hanya itu, timnas Indonesia U-16 juga mampu meraih Piala AFF usai menundukkan Thailand di partai final. Berlaga di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Bagus Kahfi dan timnya mampu mengalahkan Thailand melalui adu penalti. Skor akhir 4-3 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Menpora Imam Nahrawi: Jangan Tuduh Sebelum Ada Bukti

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya