Jelang Asian Paragames, Transjakarta Sediakan Bus Ramah Disabilitas 

Asian Paragames mengangkat sisi humanis

Jakarta, IDN Times - PT Transjakarta akan menyediakan bus Transjakarta yang ramah disabilitas atau low entry untuk atlet difabel yang mengikuti Asian Paragames.

"Busnya yang ramah disabilitas, seperti bus low entry," ujar Humas PT Transjakarta Wibowo seperti dikutip Antara, Rabu (5/9).

1. Pendataan para peserta masih dilakukan

Jelang Asian Paragames, Transjakarta Sediakan Bus Ramah Disabilitas asianparagames2018.id

Wibowo mengatakan, pembicaraan antara pihaknya dengan panitia Asian Paragames berjalan lancar. Namun, mereka belum bisa membeberkan persiapan untuk menyambut Asian Para Games lebih jauh karena masih dilakukan pendataan para peserta.

Ditanya mengenai antisipasi sterilisasi jalur busway, Wibowo mengaku pihaknya memakai portal, petugas jaga, dan mengedukasi pengendara.

"Yang punya wewenang untuk menindak hanya polisi," tambahnya.

2. Asian Paragames mempertandingkan 18 cabang olahraga

Jelang Asian Paragames, Transjakarta Sediakan Bus Ramah Disabilitas IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Asian Para Games adalah perhelatan olahraga Internasional yang melibatkan atlet difabel dan akan diselenggarakan mulai 6 hingga 13 Oktober 2018.

Sebanyak 41 kontingen National Para Olimpic dengan total 2.800 atlet, 1.800 ofisial serta 500 media, baik dalam maupun luar negeri akan mengikuti ajang olahraga tersebut.

Terdapat sebanyak 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di dalam Asian Para Games 2018, antara lain bola basket, bola voli, anggar, tenis meja, renang, menembak, judo, bersepeda, catur, angkat beban, bowling, bola gawang, bulutangkis, lari, panahan, boccia, bola tangan dan tenis. 

Seperti halnya Asian Games, pelaksanaan Asian Para Games juga dimulai dengan kegiatan torch relay atau kirab obor. Dimulai pada 5 September 2018 torch relay Asian Para Games 2018 akan dimulai dengan pengambilan api di Mrapen Grobogan, Jawa Tengah, Solo, Ternate, Makassar dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Seru Asian Paragames 2018

3. Bonus atlet Asian Para Games sama dengan Asian Games

Jelang Asian Paragames, Transjakarta Sediakan Bus Ramah Disabilitas Paragames

Menko PMK Puan Maharani menjelaskan, bonus atlet yang bakal diterima oleh para atlet Asian Para Games sama dengan Asian Games. Atlet peraih medali emas mendapatkan uang Rp1,5 miliar, medali perak Rp500 juta, dan medali perunggu Rp250 juta. Mereka juga berhak mendapatkan rumah dan menjadi PNS. 

Sementara, terkait venue untuk para atlet juga telah dipersiapkan sejak Asian Games berakhir. Karena atlet Asian Para Games adalah penyandang disabilitas, faktor kenyamanan menjadi hal utama. 

"Kenyamanan para atlet tentu kami kedepankan, karena Asian Para Games ini juga menyangkut sisi humanis. Kami juga menjamin keamanan seperti halnya Asian Games," tuturnya.

Baca Juga: Asian Paragames 2018: Indonesia Targetkan 5 Besar! 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya