Jenazah ATC yang tewas di Gempa Palu Dimakamkan di TMP Makassar 

Agung gugur dalam tugas usai memastikan pesawat lepas landas

Jakarta, IDN Times - Jenazah almarhum Anthonius Gunawan Agung (21), petugas menara pengawas penerbangan Cabang Palu Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia akhirnya dipindahkan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar pada Minggu (11/11).

Agung gugur dalam tugas saat mengawasi proses lepas-landas pesawat terbang Batik Air ketika terjadi gempa bumi berkekuatan 7,4 SR di Palu pada (28/9) lalu. Pesawat yang dipiloti oleh Kapten Ricosetta Mafella akhirnya bisa lepas landas dengan selamat sebelum salah satu tower ATC ambruk akibat gempa. Apakah pemerintah ikut memberikan penghormatan terhadap almarhum?
 

1. Agung dimakamkam di TMP Panaikan Makassar

Jenazah ATC yang tewas di Gempa Palu Dimakamkan di TMP Makassar (ATC di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Antonius Agung) www.instagram.com/@icoze_ricochet

Di dalam pemakaman jasad almarhum, terlihat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang bertindak sebagai inspektur upacara. Sebelumnya, Agung mendapatkan penghargaan Adikarya Dirgantara Pralabda dari Kementerian Perhubungan. Kemudian, ia juga mendapatkan penghormatan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Panaikan, Makassar.

Bentuk penghormatan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.882/M.Sesneg/Setmilpres/GT.00/10/2018 perihal Pemakaman di Taman Makam Pahlawan atas nama Anthonius Agung Gunawan A.Md.

Pemakaman di TMP yang diusulkan langsung oleh Budi Karya itu sebelumnya telah mendapatkan restu dari keluarga Agung, terutama kedua orangtuanya.

Baca Juga: Kisah ATC di Bandara Palu yang Tewas Ketika Bertugas Akibat Gempa 

2. Kisah Agung diharapkan jadi pelecut perbaikan sektor penerbangan

Jenazah ATC yang tewas di Gempa Palu Dimakamkan di TMP Makassar (ATC di Bandara Palu, Anthonius Gunawan Agung) www.twitter.com./@AirNav_Official

Menhub Budi Karya mengatakan kisah dan perbuatan yang dilakukan oleh Agung menginspirasi tidak hanya publik di Indonesia tetapi juga mancanegara. 

"Tepat satu hari setelah kita memperingati Hari Pahlawan, hari ini kita bersama-sama mengantarkan salah satu pahlawan penerbangan yang gugur saat mengabdikan diri dalam memastikan keselamatan penerbangan. Kisah Agung bukan hanya menginspirasi nusantara. Dunia internasional turut berbela sungkawa, khususnya bersama keluarga almarhum Agung yang ditinggalkan,” kata Budi seperti dikutip dari Antara pada hari ini. 

Mantan Direktur Angkasa Pura II itu mengatakan, kisah Agung harus menjadi pelecut bagi sektor penerbangan nasional untuk terus berkembang dan menjadikan keselamatan sebagai pondasi utama. Seluruh pemangku kepentingan penerbangan nasional seyogianya menjadikan kisah Agung sebagai sumber semangat baru dalam menjaga keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia. 

"Untuk keluarga almarhum Agung, sekali lagi kami sampaikan bela sungkawa yang begitu mendalam. Kami sadar penghargaan serta apresiasi dalam bentuk apa pun tidak akan mampu menggantikan sosok beliau di keluarga,” katanya lagi. 
 

3. Agung menjadi pegawai ATC pertama yang dimakamkan di TMP Panaikan

Jenazah ATC yang tewas di Gempa Palu Dimakamkan di TMP Makassar (Kondisi runway Bandara Palu usai digoyang gempa bumi) TNI Angkatan Udara

Sementara, Direktur Utama Perum LPPNPI, Novie Riyanto, sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan pemerintah kepada almarhum Agung. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Menteri Perhubungan serta Bapak Menteri Sosial yang telah memberikan penghormatan kepada keluarga kami almarhum Agung. Dalam enam tahun perjalanan AirNav Indonesia, almarhum Agung adalah keluarga pertama kami yang diberikan penghargaan untuk dapat dimakamkan di taman makam pahlawan bersama dengan para pahlawan negeri ini yang mendedikasikan hidupnya bagi bangsa dan negara,” kata dia. 

Riyanto menambahkan, mereka juga berterima kasih kepada semua pihak yang menyampaikan simpatinya atas kepergian almarhum Agung. Simpati, rasa bela sungkawa dan apresiasi mengalir deras dari seluruh mitra baik domestik maupun internasional. 

"Seluruhnya kami sampaikan langsung kepada keluarga agar mereka yang ditinggalkan mengetahui almarhum Agung telah menginspirasi negeri ini bahkan dunia. Teriring doa kami dari seluruh insan Perum LPPNPI agar keluarga almarhum Agung diberikan ketabahan,” katanya lagi. 

4. Agung meninggal sesaat setelah mengizinkan pesawat lepas landas

Jenazah ATC yang tewas di Gempa Palu Dimakamkan di TMP Makassar (Bandara Palu Sulawesi Tengah) www.twitter.com/@GerryS

Gempa bumi mengguncang Palu dan sekitarnya sesaat setelah Agung mengizinkan pesawat terakhir lepas landas. Agung meninggal dunia setelah mendarat di tanah dan mengalami cidera sangat serius. Dia melompat pada detik-detik sangat kritis dari menara tinjau setara gedung empat lantai, setelah memastikan pesawat Batik Air benar-benar aman saat terbang.

Atas dedikasinya, Agung menjadi pahlawan yang kemudian menginspirasi banyak orang. Kisah kepahlawanan anak muda ini merebak ke mana-mana dan mengundang simpati dari banyak kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Baca Juga: Wafat Saat Bertugas, ATC Anthonius Agung Dapat Kenaikan Pangkat

Topik:

Berita Terkini Lainnya