Jubir BPN Andre Rosiade: Lapas Bukan Solusi Pemakai Narkoba 

Lapas dianggap jadi sarang pengedar narkoba

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, mengatakan Lapas bukan solusi bagi pemakai narkoba.

"Penjara kita adalah sarang dan markas narkoba. Memasukkan pemakai ke dalam bukan solusi," ujar Andre dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (5/3) malam.

1. Harus ada reformasi Lapas

Jubir BPN Andre Rosiade: Lapas Bukan Solusi Pemakai Narkoba IDN Times / Dian Apriliana

Andre mengatakan pemerintah tidak bisa menyelesaikan masalah narkoba karena terbebani biaya rehabilitasi yang tak sedikit. Salah satu solusinya adalah menaikkan gaji aparat.

"Polisi, jaksa, hakim, tentara, seluruh PNS gajinya naik. Dengan demikian, mereka bisa bekerja keras memenuhi ekspektasi. Kami pastikan anggaran besar untuk kepolisian. Selain itu harus ada reformasi Lapas, jangan lagi terjadi hal-hal seperti ini. Lapas bukan solusi pemakai narkoba," ungkapnya.

Baca Juga: Andi Arief Narkoba, Demokrat: Kasus Kader Partai Lain Kok Tak Heboh?

2. Kasus Andi Arief tak berkaitan dengan kubu 02

Jubir BPN Andre Rosiade: Lapas Bukan Solusi Pemakai Narkoba (Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade) IDN Times/Santi Dewi

Andre juga menegaskan bahwa kasus yang menjerat Andi Arief adalah kasus personal. Sebab, Andi tidak menjadi bagian dari BPN dan tidak berkaitan dengan kubu 02.

"Kita harus pastikan bahwa siapa pun yang bersalah mau pejabat atau artis, harus dihukum. Ini prinsip dasar filosofi yang dianut bangsa kita. BPN mendukung langkah-langkah kepolisian," ujar Andre.

3. Kasus narkoba yang menjerat kader parpol lain dianggap tak seheboh kasus Andi Arief

Jubir BPN Andre Rosiade: Lapas Bukan Solusi Pemakai Narkoba IDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) Partai Demokrat Rachland Nashidik mempertanyakan alasan kasus penyalahgunaan narkoba yang menimpa Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief diangkat sedemikian besar.

Padahal, menurutnya, pada kasus narkoba yang menjerat kader partai-partai politik lain tak pernah diangkat seheboh kasus Andi Arief.

Rachland menyebutkan pada sebelum kasus Andi Arief, terjadi penggerebekan terhadap beberapa tokoh partai politik. Hasilnya, kader partai politik tersebut bahkan berstatus bandar narkoba.

“Tapi itu tidak mengundang perhatian lebih besar seperti perhatian yang diberikan kepada Andi Arief,” kata Rachland bertanya-tanya.

4. Demokrat menduga Andi Arief dijebak

Jubir BPN Andre Rosiade: Lapas Bukan Solusi Pemakai Narkoba ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Beberapa informasi disertai spekulasi terkait kasus Andi Arief beredar di masyarakat. Beberapa pihak merasa kasus ini merupakan jebakan pihak lawan agar Andi Arief yang terkenal vokal tak lagi dapat bebas mengkritik.

Rachland justru menyebut ada kesan bahwa ada pihak yang ingin melakukan pembunuhan karakter terhadap Andi Arief. “Memang ada pihak yang ingin menggunakan kejadian ini untuk melakukan pembunuhan karakter terhadap Andi Arief,” kata Rachland.

Baca Juga: Dibesuk Rachland Nashidik, Andi Arief Titip Pesan Ini untuk SBY

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya