Comscore Tracker

Kemenkes Periksa 104 Spesimen Suspect Virus Corona, Hasilnya Negatif  

Korban tewas akibat virus corona mencapai 1.775 orang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan telah memeriksa 104 spesimen suspect corona. Hasilnya, seluruhnya negatif virus corona.

"Ini data terakhir yang kami dapatkan per Minggu, 16 Februari pukul 18.00 WIB," ujar Sesditjen Pencegahan danPengendalian Penyakit, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kemenkes, Senin (17/2).

1. Angka penderita virus corona di Tingkok cenderung turun

Kemenkes Periksa 104 Spesimen Suspect Virus Corona, Hasilnya Negatif  pasien terduga corona saat diisolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Yurianto mengungkapkan, pada situasi global saat ini tercatat lebih dari 51 ribu penderita virus corona. Sementara, 1.775 di antaranya meninggal dunia.

"Angkanya masih kurang dari 4 persen. Korban meninggal di luar Tiongkok ada 3 orang. Upaya WHO di Provinsi Hubei sangat efektif dalam pengendalian penyakit. Yang jadi masalah, angka di Tiongkok sejak 5 Februari 2020 ada kecenderungan turun, tetapi di luar Tiongkok malah naik. Ini angka yang sakit, bukan angka kematian," tuturnya.

Baca Juga: Taiwan Konfirmasi Kasus Kematian Pertama Warganya Akibat Virus Corona

2. Korban tewas akibat virus corona mencapai 1.775 orang

Kemenkes Periksa 104 Spesimen Suspect Virus Corona, Hasilnya Negatif  pasien terduga corona saat diisolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Korban tewas akibat wabah virus corona baru, Covid-19, terus bertambah. Berdasarkan data dari John Hopkins CSSE hari ini, Senin (17/2), ada 71.332 kasus virus corona di beberapa negara yang terdampak. Di mana sebagian besar ada di Tiongkok yakni 70.551 kasus. Sementara, sebanyak 11.087 orang dipastikan sembuh dari virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok itu.

Dari data tersebut, 1.775 orang dipastikan tewas akibat virus mematikan itu. Terbanyak, ada di Provinsi Hubei, Tiongkok, yakni 1.696 orang.

3. Taiwan melaporkan kasus kematian pertama akibat virus corona

Kemenkes Periksa 104 Spesimen Suspect Virus Corona, Hasilnya Negatif  Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Kemenkes Periksa 104 Spesimen Suspect Virus Corona, Hasilnya Negatif  Cara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Seorang sopir taksi meninggal dunia karena terjangkit virus corona di Taiwan. Hal ini menjadi kasus kematian pertama di wilayah tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Menteri kesehatan Taiwan ChenShih-chung mengatakan, pria berusia 61 tahun itu juga menderita diabetes dan hepatitis B. Hingga saat ini, sudah ada 20 kasus yang dikonfirmasi di wilayah Taiwan.

Chen Shih-chung mengatakan, sopir taksi tersebut tidak mengunjungi luar negeri dalam beberapa waktu terakhir. Namun sebelum meninggal, dia sempat mengantar beberapa penumpang yang berasal dari Makau, Hongkong, dan Tiongkok daratan.

"Salah satu anggota keluarganya juga dipastikan memiliki virus," kata Chen Shih-chung.

Chen Shih-chung menyebutkan, pihaknya masih mencari sumber penularan virus tersebut. "Sejauh ini kami tidak dapat mengumpulkan riwayat kontaknya, jadi kami secara aktif melakukan penyelidikan, berharap untuk mengetahui sumber kontraksi," ucap dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [UPDATE] Korban Virus Corona: 1.775 Tewas dan 11.087 Sembuh

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya