Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi Hari Ini 

Gratis sampai 2 bulan ke depan, yuk cobain naik KA bandara!

Jakarta, IDN Times - Jalur Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo-Stasiun Balapan, Solo resmi beroperasi hari ini, Minggu (29/12). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek telah selesai dikerjakan. Kereta api akan dioperasikan secara terbatas.

"Nantinya, kereta tersebut akan melayani setiap jam," ujar Budi dalam keterangannya.

1. Biaya perjalanan digratiskan selama 2 bulan

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi Hari Ini Dok. Kemenhub

Selama pengoperasian sementara, kata Budi, PT. KAI selaku operator akan menggratiskan biaya perjalanan kereta selama 2 bulan mendatang. Menurut dia, pengoperasian kereta bandara ini menciptakan integrasi antarmoda transportasi yang baik guna mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima “Bali Baru” atau destinasi wisata superprioritas.

"Kami juga telah membuat 'cincin' atau lingkaran jalur kereta api yang mengelilingi dari Kota Cirebon, Yogyakarta, Solo, dan Semarang," ujarnya.

Baca Juga: Menhub Ungkap Ada Erick Thohir Dibalik Turunnya Harga Tiket Pesawat

2. Kereta beroperasi pagi hingga sore hari

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi Hari Ini Fasilitas travelator di Terminal Keberangkatan Domestik Yogyakarta International Airport. IDNTimes/Holy Kartika

Budi menambahkan, nantinya warga dari Wonogiri, Madiun bisa turun di Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo dan sebaliknya menggunakan kereta. Selain itu, warga dari Stasiun Solo Balapan bisa jalan-jalan menggunakan bus di Terminal Tirtonadi yang terhubung langsung dengan Solo Balapan.

"Turis asing bisa turun di Bandara Internasional Adi Soemarmo atau Bandara Internasional Yogyakarta sehingga keterpaduan antarmoda ini menjadi cluster kecil menuju Candi Borobudur," jelasnya.

Budi berharap pengoperasian kereta tersebut dapat memudahkan masyarakat lokal dan memberi kesan luar biasa bagi turis asing. Selama soft launching, Kereta Bandara akan melayani perjalanan kereta dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo Pergi Pulang (PP) dari pagi hingga sore hari. Sementara ini akan terdapat 2 rangkaian kereta yang akan melayani rute tersebut. Kereta tambahan akan disediakan menyesuaikan kebutuhan.

3. Jalur kereta api diproyeksikan terhubung dengan NYIA

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi Hari Ini Ilustrasi kereta api (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Jalur Kereta Api Solo Balapan–Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres nomor 56 tahun 2018 tentang perubahan Perpres nomor3 Tahun 2016.

Proyek ini dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai Maret 2018 dengan total investasi Rp820 miliar.

Pembangunan Jalur Kereta Api ini diharapkan akan menghubungkan 2 Bandara yaitu Bandara Adi Soemarmo di Surakarta dan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta. Bahkan ke depan juga diproyeksikan untuk terhubung dengan Bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PT KAI Sediakan 13 Kereta Api Tambahan untuk Natal dan Tahun Baru

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya