Ketua KPAI: Sutopo BNPB Sosok Pekerja Keras  

KPAI kerap terbantu dalam melindungi anak korban bencana

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dikenal sebagai sosok pekerja keras dan mencintai pekerjaannya. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, Sutopo tak hanya mampu menjalankan tugas negara dengan baik, melainkan juga menjiwai dalam menjalankan amanah kemanusiaan.

"Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun. Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo, semoga beliau diberikan yang terbaik di sisi-Nya," kata Susanto dalam keterangan tertulis, Minggu (7/7).

Menurut Susanto, dengan data dan informasi seputar bencana yang disampaikan Sutopo kepada publik, itu sangat membantu bagi stakeholders dan KPAI untuk memastikan perlindungan terhadap anak korban bencana.

"Selamat jalan. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kesehatan dan ketabahan," ungkapnya.

Sutopo meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium 4B yang dideritanya sejak akhir 2017. Kabar duka tersebut disampaikan oleh istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih dari Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer, Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7).

Putra dari pasangan Suharsono Harsosaputro dan Sri Roosmandari ini berpulang sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB. Selain meninggalkan seorang istri, Sutopo juga meninggalkan dua orang putra, yakni Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Sejak Sutopo divonis kanker, ia masih terus gigih melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Baca Juga: Menko Luhut Melawat Almarhum Sutopo di Guangzhou

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya