KM Lestari Kandas di Perairan Selayar, Ada Penumpang Belum Dievakuasi

KM Lestari kandas Selasa siang ini

Jakarta, IDN Times - Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin, mengatakan saat ini Tim SAR tengah mengevakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang kandas di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Selasa (3/7) sekitar pukul 14.30 WITA.

"Saat ini sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas. Adapun kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk," kata Zainuddin dalam keterangan tertulis.

1. Mengangkut 139 orang penumpang  

KM Lestari Kandas di Perairan Selayar, Ada Penumpang Belum DievakuasiBNPB

Zainuddin mengatakan KM Lestari Maju mengangkut 139 penumpang. Sebagian penumpang, kata Zainuddin, telah berhasil dievakuasi. Sebagian lainnya masih berada di atas kapal menunggu Tim SAR menjemput mereka. "Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket)," katanya.

2. Kapal juga membawa puluhan kendaraan  

KM Lestari Kandas di Perairan Selayar, Ada Penumpang Belum DievakuasiDok. IDN Times

Selain mengangkut ratusan orang, KM Lestari Maju juga membawa puluhan kendaraan, terdiri dari 18 unit sepeda motor, 14 unit kendaraan roda empat, 8 unit kendaraan golongan V dan 8 unit kendaraan golongan VI. "Total seluruhnya 48 unit kendaraan," katanya.

3. Penyebab kapal kandas masih diselidiki  

KM Lestari Kandas di Perairan Selayar, Ada Penumpang Belum DievakuasiBNPB

Sampai saat ini belum ada informasi penyebab KM Maju Lestari kandas. Informasi sementara kapal tersebut kandas karan cuaca buruk dan bocornya lambung kiri kapal.

Baca Juga: Kapal Lestari Maju Tenggelam di Kepulauan Selayar, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya