Lagi, Api di Satu Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan

Masih tersisa satu tanki yang belum padam

Jakarta, IDN Times - Api di satu tangki area T-301 kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat kembali berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIB. Sebelumnya, api di 1 tangki dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi, disusul 1 tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB. Kini, tersisa 1 tanki lagi yang belum padam.

“Kabar gembira kembali kami peroleh, tangki T-301G telah padam dan ikhtiar tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F,” ungkap Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi Ini

1. Skenario pemadaman masih dilakukan

Lagi, Api di Satu Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil DipadamkanANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Skenario pemadaman titik api di tangki T-301F, lanjut Agus, terus dilakukan. Saat ini tim darurat sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisakan api.

“Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia,” kata Agus.

2. Dirut Pertamina minta maaf pada warga Balongan

Lagi, Api di Satu Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil DipadamkanANTARA FOTO/Dok Pertamina/Adityo Pratomo

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati meminta maaf kepada warga atas insiden meledaknya tangki milik perusahaan BUMN itu di Balongan, Indramayu pada Senin (29/3/2021). Akibat ledakan dan terbakarnya tangki di RU VI itu, lima warga sekitar mengalami luka berat. Mereka kini masih dirawat di rumah sakit. 

"Saya prihatin atas insiden ini dan memohon maaf kepada masyarakat. Mohon doa agar kami beserta stakeholder dapat menangani insiden ini," ujar Nicke ketika memberikan keterangan pers.

3. Pertamina kehilangan produksi minyak 400 ribu barel

Lagi, Api di Satu Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil DipadamkanKilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Akibat kebakaran di tangki minyak pada Senin 29 Maret itu, PT Pertamina kehilangan produksi minyak 400 ribu barel. 

"Itu nanti akan disuplai dari kilang Cilacap dan kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Kilang Cilacap bisa dinaikkan produksinya sampai 300 ribu barel, sedangkan TPPI bisa sampai 500 ribu barel," kata Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono.

Namun demikian, Mulyono memastikan kilang minyak tersebut masih berfungsi normal. Sebab, yang terbakar adalah tangki di area tersebut.

"Kilangnya gak ada masalah, normal shutdown. Jadi sebenarnya begitu kebakaran ditangani, nanti kilang bisa langsung beroperasi lagi. Jadi gak ada masalah dengan kilang," tutur Mulyono.

Baca Juga: Polda Jabar Duga Kebakaran Tangki Minyak Balongan Akibat Kebocoran

https://www.youtube.com/embed/6wCyMPt-jfo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya