Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan 

Motor garapan ITS itu dibanderol di bawah Rp20 juta

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir optimistis atas pemasaran motor listrik Garansindo Electric Scooters ITS (Gesits). Motor produksi bersama PT Garansindo dan Institusi Teknologi Sepuluh November (ITS) tersebut akan dipasarkan mulai Maret 2019.

"Maret on schedule. Kami lagi monitoring, ada 24 molding, yang 10 sudah terpasang untuk memproduksi body-body-nya. Nah, yang 14 masih dalam pengerjaan, mudah-mudahan 28 Februari selesai dan Maret dipasarkan," kata Nasir di Jakarta, Selasa (5/2).

1. Motor listrik dibanderol dengan harga di bawah Rp20 juta

Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan IDN Times/Iman Suryanto

Nasir enggan mengungkap harga jual motor listrik tersebut. Namun, ia memastikan harganya kompetitif di pasaran, di bawah Rp20 juta. Ia juga tak ambil pusing ketika salah satu merek motor keluaran Jepang menjual motor listrik.

"Kisaran itu lah (di bawah Rp20 juta). Harganya sangat kompetitif, lebih murah dari Jepang, Taiwan, China. Harganya sangat tinggi (motor listrik Jepang), saya lihat harganya," ungkap Nasir.

2. Target produksi 60 ribu unit per tahun

Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan IDN Times/Iman Suryanto

Nasir mengatakan, produksi motor listrik dilakukan secara bertahap. Pada Maret pihaknya menargetkan bisa memproduksi 300 unit motor listrik, April 1700 unit, Mei 3000 unit, dan Juni sudah mencapai 5000 unit.

"Sepanjang tahun bisa 60.000 produksi. Apabila pasarnya minta lebih, pabrik akan siapkan line kedua," tuturnya.

Baca Juga: Duel Motor Listrik Gesits vs Viar Q1, Siapa Lebih Unggul?

3. Respons pasar cenderung positif

Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Nasir mengklaim, sejauh ini respons pasar cenderung positif. Bahkan, salah satu e-commerce sudah bersedia menjual motor listrik karya anak bangsa tersebut.

"Kalau harganya kompetitif dia akan beli 1000 unit. Akan dipasang di tempat-tempat tertentu, ya dia minta speknya di bawah," ujarnya.

4. Nasir berharap motor listrik buatan dalam negeri disambut baik

Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan IDN Times/Teatrika Putri

Nasir optimistis, motor listrik buatan dalam negeri dapat bersaing dengan motor impor. Ia juga berharap masyarakat dapat menyambut baik kehadiran motor listrik tersebut.

"Kalau masuk e-katalog, saya harap semua perguruan tinggi menggunakan motor listrik," ungkapnya.

Baca Juga: Akan Diproduksi Massal, Inilah Motor Listrik Karya Anak ITS

5. Jokowi sudah menjajal motor listrik ini

Maret Ini, Motor Listrik Gesits Siap Dipasarkan Instagram/@jokowi

Motor listrik Gesits ini telah dirilis pada September lalu dan dicoba oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo saat melakukan audiensi dengan PT Garansindo dan ITS selaku pihak yang memproduksi Gesits, di Istana Merdeka, Jakarta, 7 Nomber tahun lalu.

Baca Juga: Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits, Ini Harganya!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya