Masih Bertahan di Tiongkok, WNI Fadly Ingin Dipulangkan ke Indonesia

WNI yang diobservasi di Natuna dalam kondisi sehat

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa Indonesia di Tiongkok, Fadly, ingin segera pulang ke Tanah Air. Dihubungi tim Mata Najwa melalui video call, Fadly menceritakan kondisi terkini di Guangxi, Tiongkok.

"Di Guangxi aktivitas masih lancar, tapi toko masih tutup, banyak kendaraan tidak beroperasi," kata Fadly dalam acara Mata Najwa di Trans7, Rabu (5/2) malam.

Baca Juga: Butuh 15 Tahun Buat Vaksin Virus Corona, Bio Farma Cari Lembaga Riset 

1. Perkuliahan di Guangxi lumpuh dan akan dimulai setelah wabah virus corona mereda

Masih Bertahan di Tiongkok, WNI Fadly Ingin Dipulangkan ke IndonesiaSukarelawan memakai baju pelindung menyemprot disinfektan di stasiun kereta saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus korona baru, di Changsha, provinsi Hunan, Tiongkok, pada 4 Februari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Mahasiswa asal Makassar itu mengatakan, perkuliahan juga lumpuh akibat wabah virus corona. Menurut dia, perkuliahan baru akan dimulai setelah wabah virus corona mereda.

"Saya mau pulang karena orang tua sudah khawatir. Kalau saya tenang saja dan tetap ikut anjuran KBRI untuk mengurangi interaksi di lapangan," ungkapnya.

2. Virus corona membuat banyak orang tua khawatir akan keselamatan anaknya

Masih Bertahan di Tiongkok, WNI Fadly Ingin Dipulangkan ke IndonesiaJajaran RSUD Gunung Jati, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan pihak terkait memberikan keterangan pers mengenai perkembangan pasien asal Tiongkok yang diduga suspek Corona. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Kegelisahan orang tua Fadly juga dirasakan oleh Tri Suto, orang tua salah satu WNI yang diobservasi di Natuna. Saat pertama kali mendengar virus corona, satu-satunya hal yang terpikir adalah memulangkan anaknya.

"Setelah mendengar kabar itu, saya gak bisa tidur karena kepikiran anak," katanya.

Rosuli, kakak Husnia (WNI yang diobservasi di Natuna), menceritakan hal yang sama. Ia dan keluarganya menangis saat mendengar penyebaran virus corona.

"Informasi di media-media begitu menyeramkan. Saya sempat khawatir soal ketersediaan konsumsi. Saya harap pemerintah segera memulangkan adik saya," ungkapnya.

3. WNI yang diobservasi di Natuna dalam kondisi sehat

Masih Bertahan di Tiongkok, WNI Fadly Ingin Dipulangkan ke IndonesiaRatusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna (www.twitter.com/@KemenkesRI)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan, para WNI yang diobservasi di Natuna dalam kondisi sehat. Menurut dia, kompleks yang dekat dengan daratan Tiongkok adalah Natuna.

"Evaluasi baik, mereka di Natuna sehat. Saya juga cek langsung. Masuk ring 1, 2, 3. Saya pakai Alat Perlindungan Diri (APD) yang lengkap. Saya orang pertama yang masuk pesawat untuk menyapa teman-teman dari Wuhan," kata Terawan. 

Baca Juga: Tiongkok Klaim 715 Pasien Positif Virus Corona Bisa Sembuh

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya