Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban 

Targetnya sebelum magrib daging kurban sudah didistribusikan

Jakarta, IDN Times - Pengelola Masjid Istiqlal menyiapkan 5.000 besek ramah lingkungan untuk mengemas daging kurban. Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Huraihah mengatakan, besek tersebut dipesan khusus dari Tasikmalaya.

"Setelah disembelih, daging dicacah dan ditimbang sampai 1 kilogram, lalu dimasukkan dalam plastik ramah lingkungan, baru dimasukkan besek. Kalau langsung ke besek nanti darahnya menetes dan bau," ujar Abu saat ditemui IDN Times di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (11/8).

1. Sudah empat tahun Masjid Istiqlal menggunakan plastik ramah lingkungan

Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Abu menjelaskan, sudah empat tahun terakhir Masjid Istiqlal menggunakan plastik ramah lingkungan. Plastik tersebut berbahan baku bambu yang cepat terurai. Tahun ini, Masjid Istiqlal juga memakai besek berdasarkan anjuran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Seandainya daging berlebih dan beseknya habis, ya kami pakai plastik ramah lingkungan itu buat jaga-jaga," ungkapnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Hewan Kurban, Jokowi: Tanyakan pada Sapinya

2. Target sebelum magrib daging kurban sudah didistribusikan

Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban IDN Times/Indiana Malia

Menurut Abu, proses penyembelihan hewan kurban tahun ini dipercepat. Usai salat Iduladha, sekitar pukul 08.00 WIB dilakukan penyerahan simbolis hewan kurban dari presiden dan wakil presiden yang diwakili Menpan-RB. Setelah istirahat 30 menit, barulah dilakukan pemotongan hewan kurban.

"Targetnya sebelum magrib sudah didistribusikan. Kalau tahun lalu kan disembelihnya malam, jelang pagi kelar, baru esoknya dibagi," jelas Abu.

3. Masjid Istiqlal menerima 43 hewan kurban

Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban IDN Times/Indiana Malia

Tahun ini, pengelola Masjid Istiqlal menerima 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing dalam perayaan Iduladha 2019. Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan terdapat sejumlah titipan hewan kurban dari pejabat tinggi negara, seperti Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, terdapat titipan hewan kurban dari para menteri, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: [FOTO] Ada Ustaz Muzamil, Ini Suasana Salat Iduladha di Balai Kota DKI

4. Gereja Katedral turut menyerahkan hewan kurban

Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Selain sejumlah nama tersebut, kata Abu, ada pula anak sulung Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto, dan sejumlah masyarakat. Perwakilan dari Gereja Katedral juga turut menyerahkan hewan kurban.

Pantauan IDN Times, ribuan umat muslim memadati Masjid Istiqlal sejak pagi. Sejak pukul 06.00 WIB kawasan masjid dipenuhi warga yang ingin melaksanakan salat Iduladha. Antrean kendaraan juga tampak mengular hingga depan Stasiun Gambir.

Sepeda motor dan kendaraan roda empat juga tampak terparkir di sepanjang bahu jalan di dekat Masjid Istiqlal. Sejumlah pedagang kantong plastik, minuman, hingga kaus kaki juga tampak menawarkan dagangannya kepada masyarakat yang datang.

5. Jemaah salat Iduladha mencapai 150 ribu orang

Masjid Istiqlal Siapkan 5.000 Besek untuk Kemas Daging Kurban IDN Times/Indiana Malia

Abu memperkirakan ada sekitar 150 ribu jemaah yang menjalankan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal pagi ini. Sebab, banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman.

Sementara, Iduladha tahun ini diisi oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran, Ustaz Yusuf Mansur sebagai khatib atau penceramah. Imam salat berasal dari Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal memulai salat Iduladha sejak pukul 07.00 WIB. Usai salat, Yusuf Mansur memberikan ceramah berkaitan dengan kesejahteraan umat.

Baca Juga: Jokowi Kurban Sapi Limosin 1,7 Ton di Masjid Istiqlal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya