Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di Kalibata

Nani menjadi menteri sosial era pemerintahan Soeharto

Jakarta, IDN Times - Jenazah mantan Menteri Sosial Nani Soedarsono dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Minggu (17/2). Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras bertindak sebagai inspektur upacara.

Ikut hadir mengantar almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir sejumlah menteri Kabinet Pembangunan V antara lain Akbar Tanjung, Oetoyo Oesman, dan Theo L Sambuaga.

"Keluarga besar Kementerian Sosial mengucapkan duka cita mendalam. Almarhumah telah memberikan pengabdian besar kepada negara. Atas pengabdiannya dan jasa-jasanya, negara telah menganugerahkan berbagai macam tanda jasa dan bintang kehormatan kepada almarhumah, " kata Hartono Laras, usai memimpin upacara pemakaman di TMPNU Kalibata.

1. Nani Soedarsono mendapat berbagai penghargaan

Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di KalibataDok.IDN Times/Istimewa

Semasa hidup, Nani tercatat mendapat beberapa penghargaan dari negara, antara lain Bintang Gerilya, Bintang Maha Putra Adhi Pradana, Bintang Kebaktian Sosial, dan lainnya.

Menurut Hartono, saat menjabat sebagai Mensos, almarhumah dikenal memberikan perhatian besar pada upaya meningkatkan kemitraan antara Kemensos dengan lembaga dan organisasi sosial. Pada masa itu kiprah lembaga-lembaga sosial cukup signifikan dan menjadi mitra strategis pemerintah.

"Di era kepemimpinan beliau, kemitraan masyarakat bersama pemerintah berjalan baik sehingga jangkauan pelayanan--terutama dalam penanganan masalah sosial--cukup luas," kata Hartono.

2. Nani menjadi menteri sosial era pemerintahan Soeharto

Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di KalibataDok.IDN Times/Istimewa

Nani tercatat pernah menjadi Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan IV pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Ia lahir di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, 28 Maret 1928.

Nani merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga aktif di organisasi sosial dan politik.

3. Pernah memegang berbagai jabatan penting sebelum menjadi menteri sosial

Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di KalibataDok.IDN Times/Istimewa

Sebelum menjabat sebagai menteri sosial, Nani yang memiliki nama lengkap Rr Naryati sudah memegang berbagai jabatan penting antara lain Wakil Ketua DPP Golkar, anggota Komisi III DPR, Sekjen Kowani, dan Ketua Umum Himpunan Wanita Karya.

Nani menikah dengan Soedarsono pada 1953 yang merupakan teman kuliahnya di Fakultas Hukum UGM. Pasangan ini dikaruniai seorang putra dan dua putri.

4. Nani meninggal dunia di RS Medistra Jakarta

Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di KalibataDok.IDN Times/Istimewa

Diberitakan sebelumnya, Nani Soedarsono meninggal dunia lantaran sakit pada Sabtu (16/2). Ia meninggal dunia di RS Medistra Jakarta pada pukul 15.10 WIB. 

Baca Juga: Mantan Menteri Sosial, Nani Soedarsono, Meninggal Dunia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya