Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik 

Hipertensi dan diabetes mendominasi pemudik

Jakarta, IDN Times - Risiko masalah kesehatan atau kecelakan bisa terjadi saat mudik. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, mengingatkan pemudik untuk selalu membawa kartu JKN.

“Sama seperti tahun lalu, siapa pun yang punya JKN, ketika mudik bisa digunakan di mana saja, apalagi emergency. Ini kemudahan yang difasilitasi,” katanya saat ngabuburit di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5).

Baca Juga: Amankan Arus Mudik di Bandara Soetta, 3.000 Petugas Gabungan Siaga 

1. JKN bisa digunakan di mana pun selama masa mudik

Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik bpjs-kesehatan.go.id

Bambang menambahkan, ketentuan JKN bisa digunakan di Faskes mana pun saat mudik sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu. Meskipun demikian, ia berharap JKN tidak sampai digunakan. Artinya, semuanya sehat dan selamat sampai tujuan.

“Kami harapkan pemudik jangan sampai menggunakan JKN, itu artinya pemudik sehat dan selamat sampai tujuan. Untuk itu perlu menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat mudik hingga saat mudik, bahkan ketika balik,” kata Bambang.

2. Pemudik diminta istirahat beberapa jam sekali

Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik IDN Times/Indiana Malia

Sementara, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga menginginkan agar pemudik tidak sakit, apalagi sampai masuk rumah sakit atau kecelakaan. Istirahatlah ketika lelah, atau setelah menempuh perjalanan 4 jam bagi pemudik menggunakan mobil dan 2 jam bagi pemudik yang menggunakan motor.

“Merencanakan itu utama, yang paling bahaya itu mengantuk saat berkendara,” kata Nila.

3. Hipertensi dan diabetes mendominasi pemudik

Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik pexels.com/Pixabay

Nila mengatakan, kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Di Indonesia, penyakit hipertensi dan diabetes mendominasi para pemudik dan pengemudi, sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

“Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 Lebaran, begitu pun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam, tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya,” terang dia.

4. Kesehatan dimulai dari diri sendiri

Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik IDN Times/Holy Kartika

Selain itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kirana Pritasari mengatakan untuk menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri.

“Kesehatan saat mudik harus dimulai dari diri sendiri. Persiapkan bekal yang kita bawa. Kalau kita bawa anak harus hati-hati, jangan makan di sembarang tempat, lebih baik kita bawa bekal. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun,” ungkap Kirana.

5. Kemenkes menyediakan 6.047 fasilitas layanan kesehatan

Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik IDN Times/Holy Kartika

Kemenkes menyediakan 6.047 fasilitas pelayanan kesehatan untuk mudik tahun ini, terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur Pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu, sebesar 3.910.

 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya