Millennial Ditantang Lomba Debat Virtual SDGs, Total Hadiah Rp72 Juta!

Acara berlangsung dari 12-26 Oktober 2020

Jakarta, IDN Times — Lomba Debat SDGs Indonesia tahun ini kembali digelar dengan total hadiah sebesar Rp72 juta rupiah. Kompetisi debat ini diselenggarakan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Luar Negeri dan Tanoto Foundation.

Kompetisi bertajuk “Bright YOUth, Better Planet” yang digelar secara virtual ini, akan dimulai pada 12-26 Oktober 2020. Acara ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020.

Deputy Resident Representative UNDP Indonesia Sophie Kemkhadze, mengatakan ini merupakan bagian dari dukungan UNDP terhadap keterlibatan pemerintah Indonesia dengan pemuda untuk menciptakan wacana global dan menanamkan "DNA SDGs" di kalangan kaum muda Indonesia.

1. Lomba akan melibatkan 100 tim dari perguruan tinggi seluruh Indonesia

Millennial Ditantang Lomba Debat Virtual SDGs, Total Hadiah Rp72 Juta!IDN Times/Sukma Shakti

Lebih dari 100 tim perguruan tinggi di seluruh Indonesia diharapkan untuk berpartisipasi. Tim-tim tersebut akan dikelompokkan menjadi empat wilayah. Semua peserta akan berpartisipasi dalam coaching clinic sebelum acara dimulai pada tanggal 12 Oktober. Pemenangnya akan diumumkan pada upacara khusus di Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober.

Pandemik COVID-19 telah menjadi tantangan khusus bagi kaum muda yang--terlepas dari perjuangan mereka--terus menjangkau komunitas yang rentan. Selain itu, menjadi sukarelawan untuk membantu kelompok-kelompok yang termarjinalisasi.

“Sebagai pemimpin masa depan, pemuda harus memiliki visi global. Acara debat ini menyediakan platform untuk melibatkan pemuda dalam SDGs. Pemuda adalah salah satu unsur kunci untuk membangun kembali lebih baik dari COVID-19 dan untuk melanjutkan kembali upaya untuk mencapai SDGs dalam pemulihan pandemi,“ kata Sophie.

Baca Juga: Ikut Lomba Nulis Novela Urban Legend, Bisa Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

2. Lomba debat mendorong kompetisi anak muda

Millennial Ditantang Lomba Debat Virtual SDGs, Total Hadiah Rp72 Juta!Dok. Tanoto Foundation

Oktober telah dijuluki sebagai 'bulan pemuda' di Indonesia. Itu menandai pentingnya pendekatan seluruh lapisan masyarakat terhadap SDGs.

“Kita harus menciptakan kondisi untuk partisipasi aktif pemuda. Acara debat ini mendorong semangat kompetitif dan memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk belajar lebih banyak tentang SDGs dan peran mereka dalam membantu Indonesia mencapai targetnya di dekade mendatang,” kata Jean Satrijo Tanudjojo dari Tanoto Foundation.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Unggulan dan Infrastruktur, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti, mengatakan acara debat ini membangun keterampilan berpikir kritis yang meningkatkan cara mereka berkomunikasi, melibatkan diri, dan memimpin bagi anak muda.

“Saat kita menghadapi berbagai tantangan di Indonesia dan dunia pada umumnya, pemuda harus mengembangkan keterampilan yang akan membekali mereka dengan kemampuan untuk memimpin,” kata Amalia.

3. Lomba debat akan melatih keterampilan berpikir kritis

Millennial Ditantang Lomba Debat Virtual SDGs, Total Hadiah Rp72 Juta!Dok. Tanoto Foundation

UNDP dan Tanoto Foundation memiliki sejarah panjang kemitraan dalam memenuhi Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada Februari 2016, UNDP dan Tanoto Foundation bekerja sama mengintegrasikan SDGs ke dalam agenda sub-nasional di provinsi Riau.

Yayasan ini juga mendukung Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (SPOI) UNDP dengan membantu petani swadaya dan petani plasma untuk mengelola perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan. Tahun lalu, Pemerintah Indonesia, UNDP, dan Tanoto Foundation mendirikan SDG Academy, sebuah platform pembelajaran untuk mempercepat kemajuan pencapaian SDGs di Indonesia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya