Raih Juara Dunia, Rumah Zohri Direnovasi Personel TNI

Banyak pihak berdonasi untuk Zohri usai kemenangannya

Lombok Utara, IDN Times - Rumah atlet peraih medali emas lari 100 meter putra di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri, di Dusun Pansor, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai dibongkar untuk diperbaiki sejumlah personel TNI yang dibantu masyarakat setempat sejak Sabtu kemarin (14/7).

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan, pembongkaran tersebut dilakukan berdasarkan hasil koordinasi pihaknya bersama keluarga Lalu Muhammad Zohri.

"Alhamdulillah keluarganya semalam (Jumat) mengizinkan dan merestui perehaban," ungkap Rizal seperti dikutip Kantor Berita Antara, Minggu (15/7).

1. Rehab rumah tak mengubah konsep asli

Raih Juara Dunia, Rumah Zohri Direnovasi Personel TNIFacebook/Mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo

Menurut Rizal, perehaban tersebut tidak mengubah konsep aslinya dengan tetap menggunakan kayu dan atapnya menggunakan genteng sesuai permintaan dari pihak keluarga sehingga tidak merubah kesan aslinya.

"Cuma konsep bangunannya yang akan kami lebarkan 1 meter ke belakang supaya lebih luas dengan atap naik menjadi menjadi 3 meter agar lebih nyaman," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, di dalam ruangan akan dipasang keramik, dibuatkan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur yang sebelumnya belum ada kamar mandi dan dapur dengan harapan nantinya Zohri lebih bisa meningkatkan prestasinya di tingkat internasional.

2. Banyak pihak berdonasi

Raih Juara Dunia, Rumah Zohri Direnovasi Personel TNIANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Terkait seluruh biaya, kata Rizal, berasal dari donasi dari seluruh Indonesia. Banyak yang sudah menghubungi TNI untuk membantu, salah satunya PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) di wilayah NTB.

"Jumlah anggaran perehaban rumah masih dihitung oleh Danden Zibang 2/IX Mataram dan direncanakan satu bulan ke depan sudah selesai karena dibantu masyarakat dan stakeholders lainnya," ujar Rizal.

"Kami juga akan mengerjakan fasilitas umum berupa perabatan jalan sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan agar nyaman digunakan oleh masyarakat dan anak-anak juga bisa bermain dengan aman," imbuh dia.

Selain personel TNI, yang melaksanakan pembongkaran dan perehaban, terlihat juga di lokasi anggota PLN untuk membantu memasang lampu jalan dan dari BPN untuk mengukur luas tanah milik keluarga Lalu Muhammad Zohri dalam rangka pembuatan sertifikat.

3. Perehaban rumah Zohri atas instruksi presiden

Raih Juara Dunia, Rumah Zohri Direnovasi Personel TNIIDN Times/Istimewa

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri yang meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi, kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Presiden Joko Widodo.

Zohri pada berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik dalam Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu malam (11/7) waktu setempat.

Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya