Tumbuhkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Film Dokumenter Pendek

Tingkatkan terus kreativitas kamu

Depok, IDN Times - REACTION Universitas Indonesia (UI) kembali menghadirkan talenta mahasiswa berbakat melalui berbagai kompetisi.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Hubungan Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia sebagai output dari mata kuliah Manajemen Acara.

Selama tiga bulan, Reaction UI menggelar kompetisi film dokumenter pendek, dilanjutkan dengan seminar sekaligus lokakarya yang juga bekerja sama dengan 5 Cowok Jagoan dan Multivision Pictures.

"Tujuan diadakannya kegiatan Awarding REACTION UI adalah untuk memberikan apresiasi kepada para peserta melalui karya-karya terbaiknya," ujar Raditya Putrarendani, Ketua Pelaksana REACTION UI saat membuka acara di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jumat (15/12).

Tumbuhkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Film Dokumenter PendekIDN Times/Indiana Malia

Tahun ini, REACTION UI hadir dengan tema The Unsung Heroes yang berfokus pada sosok Ibu. Tema ini diambil dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada bulan Desember.

"Tema ini dipilih, minimnya apresiasi masyarakat, khususnya generasi muda terhadap jasa seorang Ibu. Kami berharap, REACTION UI dapat mendorong generasi muda untuk lebih menghargai para pahlawan tanpa tanda jasa, salah satunya ibu," imbuh Raditya.

Salah satu juri kompetisi Film Domumenter Pendek sekaligus aktor tanah air, Darius Sinathrya mengapresiasi karya para mahasiswa tersebut.

Tumbuhkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Film Dokumenter PendekIDN Times/Indiana Malia

 Menurutnya, biasanya film dokumenter memilih isu yang paling termarginalkan. Misalnya pada isu lingkungan, para sineas akan memposisika diri berada di seberang penguasa. 

"Jadi ada hal-hal penting yang bisa dikulik, dikupas sampai ketemu intinya. Dalam karya kalian, potensinya ada. Semogaa ini jadi bagian proses kalian yang panjang. Karena selama hidup akan selalu berproses," ujar Darius.

Dalam kompetisi REACTION UI kali ini, film Kilas Sriwedari dari SA2 FRAME berhasil menyabet juara pertama.

Yang disusul film Jangjawokan dari Magic Pictures menyabet juara 2, dan Jangjawokan dari Kalang Kabut Productions menyabut juara 3.

Sementara itu, kategori Best Poster diraih oleh Magic Pictures, kategori Most Inspiring Talent diraih oleh Magic Pictures, dan kategori Best Theme diraih oleh SA2 FRAME.

Topik:

Berita Terkini Lainnya