Resmi Beroperasi, Tiket KA Bandara Soemarmo Gratis Selama 2 Bulan

Ke bandara jadi lebih cepat dan anti macet

Jakarta, IDN Times - Jalur Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo-Stasiun Balapan, Solo telah beroperasi sejak Minggu (29/12). Untuk tahap awal, rute kereta api tersebut adalah Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Solo Balapan (pp) dengan jarak sejauh 12,9 km dan rata-rata waktu tempuh selama 20 menit. 

"Ke depan juga akan dibuka dua rute tambahan, yaitu rute Bandara Adi Soemarmo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis.

Lalu, berapa harga tiket yang dikenakan bagi calon penumpang?

1. Jeda keberangkatan setiap kereta sekitar 37 - 45 menit

Resmi Beroperasi, Tiket KA Bandara Soemarmo Gratis Selama 2 BulanIDN Times/Larasati Rey

KA Bandara Adi Soemarmo beroperasi 60 kali dalam sehari dengan waktu antara (headway) keberangkatan sekitar 37 menit hingga 45 menit. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan (SLO) ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo (SMO) dimulai pukul 04.25 WIB dan kereta terakhir pukul 23.14 WIB. 

"Sementara, jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.53 WIB dan kereta terakhir pukul 23.42 WIB," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Baca Juga: Resmi Beroperasi Minggu, KA Bandara Solo Gratis Selama Dua Bulan

2. Tiap gerbong berkapasitas 206 penumpang

Resmi Beroperasi, Tiket KA Bandara Soemarmo Gratis Selama 2 BulanIDN Times/Larasati Rey

Edi menjelaskan, satu rangkaian KA bandara yang terdiri dari empat gerbong memiliki kapasitas 206 penumpang. KA Bandara Adi Soemarmo juga menyediakan kursi khusus penyandang disabilitas, lengkap dengan pengikat untuk kursi roda. Setiap gerbong memiliki toilet ramah lingkungan, rak bagasi yang berada di dinding samping ruang penumpang, soket listrik, dan televisi layar datar.

"Untuk menjaga keamanan penumpang, tiap gerbong juga dilengkapi kamera pengawas (CCTV)," jelasnya.

3. Stasiun KA Bandara Soemarmo bisa menampung hingga 10.000 penumpang

Resmi Beroperasi, Tiket KA Bandara Soemarmo Gratis Selama 2 BulanIDN Times/Larasati Rey

Angkasa Pura I membangun stasiun kereta bandara yang luas, areanya mencapai 5.141 meter persegi. Mereka memprediksi stasiun bandara itu bisa menampung 10 ribu penumpang dengan total tiga counter check-in pesawat, satu mesin self check-in pesawat dan dua loket pembelian tiket KA Bandara. 

Selain itu, di stasiun KA Bandara juga terdapat berbagai fasilitas seperti lift khusus penyandang disabilitas, nursery room, toilet, ruang tunggu dengan pendingin ruangan, tenant, customer service, mushola, charging station dan peron.

"Kehadiran KA Bandara Adi Soemarmo menawarkan berbagai kelebihan bagi para calon penumpang. Angkutan Kereta Api memiliki keunggulan yaitu ketepatan waktu, keselamatan, dan fasilitasnya yang nyaman," ungkapnya.

Edi menambahkan, dengan adanya layanan KA Bandara Adi Soemarmo, kini Stasiun Solo Balapan semakin terintegrasi antarmodanya. Sebelumnya telah terkoneksi Skybridge dengan Terminal Bus Tirtonadi.

4. Tarif KA Bandara Adi Soemarmo gratis sampai 2 bulan ke depan

Resmi Beroperasi, Tiket KA Bandara Soemarmo Gratis Selama 2 BulanIlustrasi bandara. IDN Times/Larasati Rey

Setelah dioperasikan, KA Bandara Adi Soemarmo masih dapat dinikmati gratis oleh pengguna jasa hingga Februari 2020 mendatang. Tarif tiket resmi setelah periode cuma-cuma ini akan diumumkan kemudian.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menambahkan, terminal keberangkatan pesawat yang terhubung langsung dengan stasiun kereta bandara merupakan yang pertama di Indonesia.

"Penumpang pesawat udara yang menggunakan transportasi kereta menuju bandara dapat dengan langsung dan nyaman mengakses terminal keberangkatan tanpa harus melalui jalur yang panjang," ungkapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tertinggal Pesawat Akibat Tawuran, Pemakai KA Bandara Dapat Ganti Rugi

Topik:

Berita Terkini Lainnya