Skandal Kebohongan Ratna Sarumpaet, Hanum Rais: Saya Korban Hoax 

Hanum akan melaporkan balik Farhat Abbas

Jakarta, IDN Times - Hanum Rais menganggap dirinya sebagai korban, bukan penyebar hoax. Diapun tidak terima dilaporkan ke polisi oleh Farhat Abbas setelah skandal hoax Ratna Sarumpaet. 

"Akan kami laporkan balik karena saya dianggap menyebar berita bohong," ujar Hanum dalam wawancara pada TV One, Jumat (5/10). 

Dalam wawancara, Hanum kemudian mengklarifikasi bagaimana awalnya hingga dia ikut-ikutan membagikan cerita hoax mengenai penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet. 

Bermula, kata dia, tanggal 2 Oktober lalu, beredar foto atau gambar yang diduga adalah Ratna Sarumpaet. Tampak wajah seorang wanita penuh dengan lebam. 

"Saya ingin tabayyun atau cek dan ricek kepada orangnya langsung. Setelah siang, saya meluncur ke Cibinong. Di sana ada Prabowo, Amien Rais. Ada perasaan yang begitu emosional dengan keadaan dia. Seperti dikatakan, dia mengalami penganiayaan berat," tutur Hanum.

Baca Juga: Farhat Abbas Laporkan Capres Nomor 2 dan Timnya, Begini Reaksi Prabowo

1. Hanum mengaku sudah melakukan kroscek langsung kepada Ratna Sarumpaet

Skandal Kebohongan Ratna Sarumpaet, Hanum Rais: Saya Korban Hoax ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Hanum berkisah, postingannya di Instagram beberapa waktu lalu adalah hasil omongan Ratna Sarumpaet. Dia tidak berandai-andai lantaran telah melakukan kroscek pada yang bersangkutan. Hanum mengakui mempercayai Ratna karena track recordnya sebagai aktivis yang separuh hidupnya untuk memperjuangkan masyarakat. 

"Sehingga tidak terbersit sedikit pun dia akan melakukan big lie. Jika pada saat itu Anda menjadi kami, pasti Anda juga akan mengambil tindakan sama: berbuat baik," tutur putri mantan Ketua MPR Amien Rais itu.

2. Luka-luka di wajah Ratna Sarumpaet tampak seperti bekas pemukulan

Skandal Kebohongan Ratna Sarumpaet, Hanum Rais: Saya Korban Hoax Instagram/hanumrais

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Hanum, Ratna berbicara banyak mengenai luka-luka di sekujur wajahnya. Di belakang telinganya tampak robekan, begitu pula di pelipis.

"Waktu cipika-cipiki, dia seolah-olah seperti menahan sakit di atas kepala karena ada perban. Saya merasa ada bekas di mana-mana, bisa dikatakan bukan operasi plastik, tapi penganiayaan. Dengan pikiran dia tidak mungkin berbohong, saya melihat dia seorang nenek, tidak mungkin (berbohong), saya pikir," lanjutnya. 
 

3. Hanum mengaku khilaf dan menjadi korban hoax

Skandal Kebohongan Ratna Sarumpaet, Hanum Rais: Saya Korban Hoax IDN Times/Margith Juita Damanik

Sebagai dokter gigi, kata Hanum, dia melihat hal itu sebagai suatu kekhilafan. Dia pun telah meminta maaf dan memohon kebesaran hati warganet serta masyarakat. Dia merasa sebagai korban berita bohong oleh Ratna Sarumpaet.

"Kemarin kami langsung konsolidasi dengan 17 orang yang dilaporkan Farhat, ini pencemaran nama baik. Kami juga akan melaporkan balik," ungkap Hanum.

Hanum pun menegaskan, dirinya keliru dan telah meminta maaf. Dia pun mencabut pernyataannya yamg menyandingkan Ratna Sarumpaet dengan pahlawan Cut Nyak Dien.

"Saya sudah mengatakan sebagai seorang yang tahu nilai-nilai kemanusiaan, saya keliru dan bersalah. Saya sudah meinta maaf. Saya mencabut pernyataan saya," tutur Hanum.

Bagaimana menurut kalian guys?

Baca Juga: Telusuri Asal Dana Oplas, Polisi Periksa Rekening Ratna Sarumpaet

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya