Sumbawa Dilanda Gempa 5,5 SR Sejak Dini Hari, Ini Penjelasan BMKG

Gempa kali ini merupakan gempa susulan dari gempa NTB

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi mengguncang Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/8). Gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR). 

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya, gempa terjadi sekitar pukul 10.53 WIB. 

1. Tidak berpotensi tsunami

Sumbawa Dilanda Gempa 5,5 SR Sejak Dini Hari, Ini Penjelasan BMKGTwitter/@infoBMKG

Gempa terletak di 118 km barat laut Sumbawa, NTB. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer. Belum diketahui dampak dari gempa tersebut.  

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

2. Gempa Sumbawa sejak dini hari

Sumbawa Dilanda Gempa 5,5 SR Sejak Dini Hari, Ini Penjelasan BMKGTwitter/@infoBMKG

Gempa Sumbawa sebelumnya juga terjadi pada Minggu dini hari, sekira pukul 01.33 WIB. Gempa berkekuatan 5,5 SR itu berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. 

3. Gempa bumi dangkal

Sumbawa Dilanda Gempa 5,5 SR Sejak Dini Hari, Ini Penjelasan BMKGearthquake.usgs.gov

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangannya menyatakan bahwa menurut hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 5,6 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,5 SR.  

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,53 LS dan 116,93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km arah utara Kota Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 11 km," kata dia. 

Triyono mengatakan, gempa tersebut masuk dalam kategori gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores. Gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan pergerakan struktur sesa naik (Thrust Fault). 

Gempa kali ini merupakan gempa susulan dari gempa yang mengguncang NTB sebelumnya. Gempa juga dirasakan di sejumlah daerah di NTB. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya