Comscore Tracker

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf 

Selisih dengan Prabowo-Sandiaga sekitar 7-8 persen

Jakarta, IDN Times - Para pendukung dan relawan pasangan calon nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin merayakan syukuran kemenangan Pilpres 2019. Direktur Penggalangan Pemilih Pemula TKN Bahlil Lahadalia mengatakan, syukuran tersebut berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) dan data internal TKN.

"Kami punya data, kalau kalau di quick count itu kan 45,5 persen (unggul), kalau di data kami itu kurang lebih sekitar 55,20 persen. Jadi beda-beda tipis lah," kata Bahlil usai Syukuran Kemenangan Pilpres 2019 di Jakarta, Minggu (21/4).

1. 10 persen suara millennial diklaim diraih oleh Jokowi-Ma'ruf

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf IDN Times/Indiana Malia

Bahlil mengklaim, dukungan suara millennial ke paslon 01 lebih banyak daripada dukungan ke paslon 02 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Selisihnya sekitar 7-8 persen lebih besar ketimbang 02.

"Dalam analisa kami melakukan evaluasi kurang lebih sekitar 9 sampai 10 persen suara milenial untuk Pak Jokowi," ungkapnya.

Baca Juga: Real Count KPU Sementara: Jokowi-Ma'ruf Masih Unggul 54,39 Persen

2. Merayakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf dianggap sah-sah saja

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf IDN Times/Indiana Malia

Menurut Bahlil, tak ada salahnya merayakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf kendati masih berdasarkan data quick count dan data internal. Pihaknya belum sempat berkumpul dengan teman-teman milenial, relawan, dan pengurus. Oleh sebab itu, hari ini sengaja mengumpulkan mereka untuk sama-sama bersyukur sembari menunggu keputusan resmi KPU pada 22 Mei mendatang.

"Itu kan kalau Pak Jokowi memang harus begitu (menunggu keputusan KPU). Beliau adalah calon presiden dan sekarang presiden pasti punya pandangan lain dengan sifat negarawan beliau. Tapi kami sebagai tim, boleh dong merayakan kemenangan dari hasil kerja kerja tim. Tapi kami tetap menunggu sampai dengan tanggal 22 Mei," kata dia.

3. TKN buka-bukaan data internal real count Pilpres 2019

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf IDN Times/Indiana Malia

TKN telah menyampaikan perolehan suara penghitungan sementara real count yang dilakukan oleh Direktorat Saksi TKN. Direktorat tersebut memiliki aplikasi bernama JAMIN, sebuah aplikasi pelaporan saksi mulai dari TPS.

“Aplikasi ini memudahkan saksi untuk melaporkan hasil penghitungan suara serta foto C1 dan TPS," kata Wakil Direktur Direktorat Saksi TKN, Lukman Edi.

4. TKN mengerahkan 250 orang untuk memverifikasi C1

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf IDN Times/Indiana Malia

Untuk menghasilkan data Cl yang akurat, kata Lukman, ada sekitar 250 orang. Mereka bekerja setiap hari selama 24 Jam (3 sif) untuk melakukan verifikasi C1. Hingga saat ini penghitungan suara nasional sementara mencapai 14,66 persen dari total 813.350 TPS seluruh Indonesia.

"Sesuai data aplikasi yang bisa kita monitor real time, total data suara yamg masuk per hari ini pukul 16.30 WIB adalah 119.216 dari 813.350 TPS dengan total perolehan suara 23.847.734 suara," kata Lukman.

5. Perolehan sementara Jokowi-Ma'ruf unggul dari Prabowo-Sandiaga

TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf IDN Times/Indiana Malia

Perolehan sementara menunjukkan paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dengan 56,16 persen atau 13.155.012 suara, mengungguli Prabowo-Sandiaga yang meraih 45, 84 persen atau 10.693.723 suara.

“Hasil rekapitulasi suara TKN hampir sama dengan perolehan KPU. Sedikit berada di atas hasil KPU. Ini menandakan bahwa kami sejalan dengan apa yang dilakukan KPU, termasuk kendala yang dihadapi,” tambah Lukman.

Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf Analisis Klaim Menang Prabowo-Sandi, Ini Hasilnya 

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You