[UPDATE] 3 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi Hari Ini

Teridentifikasi 85 penumpang, 64 laki-laki dan 21 perempuan

Jakarta, IDN Times - Tim Disaster Victim Identification Kepolisian Republik Indonesia (DVI Polri) telah mengidentifikasi 85 korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. 

"Teridentifikasi 85 penumpang, terdiri dari 64 laki-laki dan 21 perempuan," ujar Kabid DVI Pusdokkes Polri Kombes Pol Lisda Cancer di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (13/11).

1. Tiga jenazah teridentifikasi hari ini

[UPDATE] 3 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lisda mengatakan, sebanyak tiga jenazah telah teridentifikasi hari ini. Mereka adalah Adonia Magdiel Bongkal, laki-laki (52), Alfiani Hidayatul Solikah, perempuan (19), dan Andrea Manfredi, laki-laki warga negara Italia. Ketiga jenazah tersebut teridentifikasi melalui DNA.

Sebelumnya, tim DVI telah mengidentifikasi tiga jenazah atas nama Shandy Johan Ramadhan (laki-laki), Deryl Fida Febrianto (laki-laki) dan Firmansyah Akbar (laki-laki).

Pada Sabtu (10/ 11) teridentifikasi atas nama Rivandi Pranata (laki-laki) dan Joyo Nuroso (laki-laki). Pada Jumat (9/11) atas nama Darwin Harianto (laki-laki), Fendi Christanto (laki-laki), Ambo Malibone HM (laki-laki), Capt. Muas Efendi (laki-laki), Murdiman (laki-laki) dan Kyara Aurine Daniendra Giwitri (balita-perempuan).

Pada Kamis (8/11) teridentifikasi atas nama Tri Haszka Hafidzi (laki-laki), Inayah Fatma Kurnia Dewi (wanita), Hesti Nuraini (wanita), Junior Pribadi (laki-laki), Mery Yulyanda (wanita), Yunita (wanita), Daryanto (laki-laki), Arif Yustian (laki-laki), Denny Maulana (laki-laki), Shintia Melina (wanita), Tan Toni (laki-laki), Indra Bayu Aji (laki-laki), Linda (wanita), Filzaladi (laki-laki), Ary Budiastuti (wanita), Wendy (laki-laki), Hasnawati (wanita), Dolar (laki-laki), Abdul Efendi (laki-laki) dan Hedy (laki-laki).

Pada Rabu (7/11) teridentifikasi atas nama Kasan (laki-laki), Rafezza Wijaya (bayi laki-laki), Radika Wijaya (laki-laki), Sekar Maulana (laki-laki), Rio Ananda Pratama (laki-laki), Eling Sutikno (laki-laki), Sahabudin (laki-laki).

Pada Selasa (6/11) teridentifikasi atas nama Daniel Suharjani Jaya (laki-laki), Cosa Riyanda Sohab (laki-laki), Martono (laki-laki), Rebagus Nurwito Desi Putra (laki-laki), Imam Riyanto (laki-laki), Tesa Kautsar (laki-laki), Wahyu Aldila (laki-laki), Mawar Serjati (wanita), Herjuno Dartito (laki-laki), Mack Stanly (laki-laki), Ubaidilah Salabi (laki-laki), Ibnu Hajar Riyandi Hantoro (laki-laki), Mattew Darryl Pongkal (laki-laki), Ariawan Komardi(laki-laki), Paul Ferdinand Ayorbaba (laki-laki), Nurul Dyah Ayu Shitaresmi (wanita), Dony (laki-laki).

Pada Senin (5/11) teridentifikasi atas nama Rudolf Petrous Sayers (laki-laki), Eka Suganda (laki-laki), Fifi Hajanto (wanita), Hendra (laki-laki), Dede Anggraini (wanita), Vera Junita (wanita), Restia Amelia (wanita), Eryanto (laki-laki), Reni Ariyanti (wanita), Muhammad Ravi Andrian (laki-laki), Niar Ruri Sunarniat Soegiyono (laki-laki), Sudibyo Onggowardoyo (laki-laki) dan Mito (laki-laki).

Pada Minggu (4/11) teridentifikasi atas nama Dodi Junaidi (laki-laki), Muhammad Nasir (laki-laki), Janry Efriyanto Sianturi (laki-laki), Karmin (laki-laki), Harwinoko (laki-laki), Verian Utama (laki-laki), Rohmanir Pandi Sagala (laki-laki). Sabtu (3/11) atas nama Fauzan Azima (laki-laki), Wahyu Susilo (laki-laki) dan Endang Sri Bagus Nita (wanita). Pada Jumat (2/11)Chandra Kirana (laki-laki), Monni (wanita) dan Hizkia Jorry Saroinsong (laki-laki) serta Rabu (31/10) Jannatun Shintya Dewi (wanita).

Baca Juga: RS Polri Simpan Barang yang Melekat di Tubuh Penumpang Lion Air

2. Polri sudah memeriksa 195 kantong jenazah

[UPDATE] 3 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi Hari IniANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sejauh ini, RS Polri sudah mengeksaminasi 666 sampel DNA dari 195 kantong jenazah. Tim Inafis juga masih memeriksa belasan sampel sidik jari.  

Hingga hari ke-15 setelah jatuhnya pesawat pada 29 Oktober lalu, tim DVI telah mengidentifikasi 82 penumpang, dan memeriksa 195 kantong jenazah.  

3. RS Polri masih simpan beberapa barang milik korban

[UPDATE] 3 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi Hari IniIDN Times/Gregorius Aryo Damar

Barang-barang yang melekat pada penumpang di saat terakhir penumpang masih diperlukan untuk proses identifikasi. Lisda Cancer menjabarkan, benda yang disimpan sementara oleh RS Polri, antara lain: cincin, jam tangan, pakaian atau sepatu yang dipakai korban saat menumpangi pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610.  

Benda-benda itu merupakan data sekunder yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi identitas korban. Tim Identifikasi Korban Bencana Kepolisian Indonesia dan petugas dari posko antemortem akan mencocokkan barang yang melekat pada korban dengan kesaksian ataupun foto dari keluarga.  

Setelah itu, barang-barang tersebut akan dikembalikan di saat jenazah sudah teridentifikasi dan dikembalikan ke keluarga.

Baca Juga: Tubuh Korban Lion Air Rusak, Tim DVI Andalkan DNA di Tulang 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya