Usai Sertijab, Mensos Agus Langsung Tinjau Penanganan Gempa Lombok

Semoga Agus Gumiwang bisa menjadi pemimpin amanah ya, guys!

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial RI telah menggelar serah terima jabatan Menteri Sosial dari Idrus Marham kepada Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat malam (24/8). Dalam pidato sambutannya, Agus mengungkapkan bahwa Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah di bidang sosial. 

Kendati angka kemiskinan sudah turun, pihaknya akan bergerak cepat. Agus terbang ke Lombok hari ini, Sabtu (25/8) untuk memastikan penanganan gempa.

“Dalam jangka pendek, kami perlu segera merehabilitasi Lombok pascagempa. Saya akan ke Lombok untuk memastikan proses rehabilitasi sosial pasca gempa di wilayah itu berjalan dengan baik,” ungkap Agus.

1. Memastikan program Kemensos berjalan baik

Usai Sertijab, Mensos Agus Langsung Tinjau Penanganan Gempa LombokANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Menurut Agus, guncangan gempa yang bertubi-tubi melanda Lombok telah merusak sendi-sendi sosial di sana. Idrus Marham, lanjutnya, telah membangun dasar kebijakan, arah dan program yang sangat baik. 

“Kewajiban kita adalah memastikan agar progam-program tersebut terealisasi dengan baik dan berdampak secara maksimum,” katanya. 

Untuk itu, lanjutnya, ia mengajak segenap jajaran di Kemensos untuk bekerja keras bersama-sama.  “Kita akan lari kencang dan akan berusaha menjaga ritme yang sudah dimulai Bapak Idrus Marham,” tambahnya. 
 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rp4 Triliun Lebih untuk Lombok

2. Pelantikan Agus Gumiwang berdasarkan Keppres Nomor 148/P Tahun 2018

Usai Sertijab, Mensos Agus Langsung Tinjau Penanganan Gempa LombokANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Agus Gumiwang Kartasasmita dilantik menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keppres Nomor 148/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019. Ia menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. Idrus sebelumnya dilantik sebagai mensos pada 17 Januari 2018 menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang saat itu bersiap berlaga dalam Pilkada Jatim. 

Ia lahir di Jakarta, 3 Januari 1969 dari ayah Ginandjar Kartasasmita. Agus memiliki karier politik yang panjang dan pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 2009-2014. 

Bapak dengan tiga anak ini menempuh pendidikan SMA di Willston Northamton School USA, dilanjutkan dengan pendidikan Strata satu di Pacific Western University USA. Pada Tahun 2007 ia mengambil studi S-2 di Universitas Pasundan Bandung dan pada tahun 2010 mengambil Program studi Ilmu Pemerintahan di FISIP Universitas Padjajaran Bandung untuk menempuh studi S-3.

Baca Juga: 5 Fakta Mensos Baru Agus Gumiwang Kartasasmita 

3. Idrus Marham ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK

Usai Sertijab, Mensos Agus Langsung Tinjau Penanganan Gempa Lombok(Idrus Marham di Gedung KPK) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan mantan Menteri Sosial Idrus Marham sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi PLTU Riau-1. Ia lantas mengundurkan diri dari jabatan menteri sosial kemarin, Jumat (24/8). 

Sebagai warga negara yang taat asas dan hukum, kata Idrus, dia menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. Karena itu, ia ingin berkonsentrasi sebaik-baiknya dalam rangka menjalani proses hukum dengan aturan yang ada. 

"Saya juga sampaikan kepada presiden mohon doa agar bisa melalui proses hukum, sekaligus mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan kepada saya selama ini. Saya sampaikan maaf pada presiden bilamana selama menjalankan tugas ada yang kurang berkenan," kata Idrus.

 

Baca Juga: Ditetapkan Jadi Tersangka, Ini Peran Idrus Marham di Proyek PLTU Riau

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya