Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAI

Sikap siswa berkaitan dengan pola asuh di rumah

Jakarta, IDN Times - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendalami tayangan video berisi dugaan beberapa murid melakukan perundungan terhadap seorang guru. Video tersebut viral di media sosial.

KPAI juga menerima kiriman video tersebut dari banyak pihak sejak Sabtu malam (9/2). Bagaimana tanggapan lembaga pemerhati anak Indonesia tersebut?

1. Sikap siswa berkaitan dengan pola asuh di rumah dan sekolah

Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAI

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan teguran sang guru pada muridnya pasti beralasan. Sebagai pendidik, kata dia, mungkin sang guru ingin menegur dalam rangka mendisiplinkan siswa tersebut.

"KPAI menyampaikan keprihatinan atas sikap dan perilaku siswa yang mencerminkan ketidaksantunan. Tidak semestinya seorang siswa bersikap demikian pada gurunya. Apalagi sang guru tampaknya hanya menegur, bukan berteriak membentak, apalagi memukul," ujar Retno dalam pesan tertulis, Minggu (10/2).

Retno menilai, ada dua faktor kekerasan terhadap guru di salah satu SMP di Gresik tersebut. Pertama, karakter siswa kurang terbina, baik di rumah dan sekolah. Menurut dia, dibutuhkan assessment psikologis terhadap anak untuk mencari faktor penyebab perilaku agresif seperti dalam video tersebut.

"Biasanya sikap anak seperti itu ada pengaruh kuat dari pola asuh di rumah. Bisa juga karena siswa sudah kecanduan game online yang mengandung unsur kekerasan, misalnya. Dengan demikian, anak jadi tidak bisa membedakan antara perilaku di dunia maya dengan di dunia nyata," ungkap dia.

Baca Juga: Tunjangan Guru Madrasah Hilang, Begini Jawaban Kemenag Sampang 

2. Kompetensi pedagogis guru turut memengaruhi sikap siswa

Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAIIDN Times/Sukma Shakti

Faktor kedua, lanjutnya, bisa saja berasal dari guru. Misalnya, kompetensi pedagogis guru rendah, terutama dalam penguasaan di kelas, serta dalam menciptakan suasana belajar yang kreatif, menyenangkan, dan menantang kreativitas serta minat siswa. Dalam manajemen penguasaan kelas, guru dituntut bisa mengatasi kelasnya dengan karakter siswa yang bermacam-macam.

"Kemampuan manajemen penguasaan kelas perlu dilatih. Hal ini merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)," kata Retno.

3. Pembinaan terhadap siswa dan pihak sekolah harus dikedepankan

Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAIIDN Times/Sukma Shakti

KPAI mengapresiasi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang segera melakukan pendalaman kasus dengan memanggil pihak-pihak terkait, terutama sekolah dan orangtua siswa.

KPAI berharap ada evaluasi dan pembenahan ke depan. Tidak fokus menghukum pihak yang dianggal salah, namun mengedepankan pembinaan, baik terhadap siswa maupun pihak sekolah.

"Anak tentunya wajib belajar dari kesalahannya, namun anak juga harus diberi kesempatan memperbaiki diri," kata dia.

4. KPAI terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik

Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAIIDN Times/Sukma Shakti

Jika diperlukan, kata Retno, KPAI akan melakukan pengawasan langsung ke Gresik. Namun, sebelumnya KPAI akan terus berkoordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik terkait hasil pertemuan dan tindak lanjut kasus ini.

KPAI juga akan berkoordinasi segera dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPPA), serta Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Gresik, untuk pendampingan dan rehabilitasi psikologis terhadap guru dan siswa.

"Rehabilitasi terhadap siswa penting dilakukan, agar siswa dapat belajar dari kesalahan dan mau memperbaiki diri," ujar Retno.

5. Viral video perundungan terhadap guru

Viral Perundungan Murid pada Guru di Gresik, Begini Tanggapan KPAIIDN Times/Sukma Shakti

Sebelumnya, viral video perundungan terhadap guru di salah satu SMP swasta di Gresik. Dalam video berdurasi 22 detik tersebut, tampak seorang guru terlihat menghampiri siswanya dan seperti menegur.

Namun, siswa yang ditegur malah melawan dan cenderung bertindak agresif seperti menantang sang guru berkelahi. Bahkan, tampak siswa berdiri seperti hendak menyerang guru tersebut.

Baca Juga: Viral! Siswa Persekusi Guru di Gresik, Polisi: Kami Lakukan Pembinaan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya