Comscore Tracker

Wapres JK Salat Iduladha di Makassar Besok 

JK juga akan membagikan hewan kurban untuk masyarakat

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama istrinya akan pulang kampung ke Makassar untuk menunaikan ibadah salat Iduladha 1440 Hijriah. Mereka juga akan membagikan daging kurban kepada masyarakat.

"Hari ini (Sabtu, 10/8) Pak JK bersama Ibu Mufidah akan terbang ke Makassar dan akan melakukan serangkaian kegiatan usai salat Ied," ujar Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (10/8).

Baca Juga: Jusuf Kalla: Indonesia Sudah Siap untuk Transformasi Ekonomi

1. Wapres JK dijadwalkan salat Iduladha di Lapangan Karebosu

Wapres JK Salat Iduladha di Makassar Besok IDN Times/Hana Adi Perdana

Ia mengatakan, Wapres JK bersama Mufidah Jusuf Kalla dijadwalkan akan melakukan salat Iduladha di Lapangan Karebosi. Mereka akan didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb.

Usai melaksanakan salat Id, Wapres JK akan menyerahkan hewan kurbannya kepada panitia Masjid Al-Markaz Al Islami.

2. Hewan kurban diserahkan ke Masjid Al Markaz Al Islami

Wapres JK Salat Iduladha di Makassar Besok ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Rencananya, hewan kurban akan diterima oleh Ketua Panitia Masykur Yusuf dan langsung didoakan oleh Imam Besar Masjid Al-Markaz Al Islami Muammar Bakry.

"Untuk sementara jadwalnya seperti itu dulu. Shalat Ied di lapangan Karebosi lalu melanjutkan ke Masjid Al Markaz Al Islami untuk menyerahkan hewan kurbannya," kata Masykur.

3. Iduladha jatuh pada 11 Agustus 2019

Wapres JK Salat Iduladha di Makassar Besok Idul Adha di India (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 11 Agustus 2019. Penetapan tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang tengah bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi, usai sidang Isbat penetapan awal Zulhijah di Jakarta, Kamis (1/8).

"Dengan demikian, kita memutuskan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 2 Agustus 2019, dengan begitu 10 Zulhijah jatuh pada hari Ahad 11 Agustus 2019," kata Amin di Gedung Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang dihadiri Majelis Ulama Indonesia, para Duta Besar Negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga: Tata Cara dan Sunnah-sunnah Salat Iduladha yang Sebaiknya Dilakukan

Topic:

  • Sunariyah

Just For You