Hasil Ijtima Ulama, Siapakah Sosok Salim Segaf Al-Jufri?

Sosoknya pernah menjabat sebagai mensos

Jakarta, IDN Times - Lika-liku pencarian calon pendamping Prabowo di Pilpres 2019 masih terus berlangsung. Nama-nama kandidat cawapres Prabowo pun sudah mulai mengerucut.

Kemarin (7/8), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan tiga poin hasil Majelis Syuro. Di antara poin tersebut adalah PKS akan terus mengawal Keputusan GNPF ulama yang merekomendasikan dua nama cawapres, salah satunya Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri.

Siapa sih sosok Salim Segaf Al-Jufri? Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber. 

1. Dari Menteri Sosial sampai Duta Besar RI

Hasil Ijtima Ulama, Siapakah Sosok Salim Segaf Al-Jufri?ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Habib Salim Segaf Al-Jufri adalah mantan Menteri Sosial di era Susilo Bambang Yudhoyono dari kader PKS. Namanya menjadi perbincangan hangat setelah digadang-gadang jadi salah satu dari beberapa calon wakil potensial Prabowo Subianto yang akan maju dalam perhelatan Pilpres 2019.

 

Pria kelahiran Surakarta, 17 Juli 1954 ini bukan lagi orang baru di dunia pemerintahan. Habib Salim pernah didapuk sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman sejak 2005 selama 4 tahun. 

 

Setelah itu, pria yang mengemban pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini diberi amanah sebagai Menteri Sosial periode 2009-2014 Kabinet Indonesia Bersatu II pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: PKS: Prabowo Masih 'Galau' Pilih UAS atau Salim Segaf

2. Mengabdi sebagai dosen di beberapa universitas

Hasil Ijtima Ulama, Siapakah Sosok Salim Segaf Al-Jufri?ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sebagai seseorang yang berwawasan tinggi, Habib Salim mengabdikan dirinya sebagai dosen pasca sarjana di beberapa universitas salah satunya, UIN Syarif Hidayahtullah. Di kampus tersebut, ia juga pernah mengajar S1 di jurusan Tafsir-Hadits, Fakultas Ushuluddin. 

Suami dari Zaenab Alwi Basri ini pun pernah menjabat sebagai Direktur Syariah Consulting Center dan Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

3. Habib Salim adalah cucu dari pejuang pendidikan sekaligus ulama yang berpengaruh di Palu

Hasil Ijtima Ulama, Siapakah Sosok Salim Segaf Al-Jufri?ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Habib Salim adalah cucu dari pejuang pendidikan sekaligus ulama yang berpengaruh di Palu bernama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri. Ia lebih dikenal dengan sapaan Guru Tua dan dialah pelopor berdirinya Yayasan Al-Khairaat. 

Pada tahun 2014, nama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri bahkan telah digunakan sebagai nama bandara di Palu, Sulawesi Tengah untuk mengenang jasa-jasanya dulu.

4. Nama Salim Segaf Al-Jufri kembali santer terdengar pada perhelatan Pilpres 2019

Hasil Ijtima Ulama, Siapakah Sosok Salim Segaf Al-Jufri?ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sempat menduduki posisi Ketua Dewan Syariah PKS, pada tahun 2015. Ayah 5 anak ini pun dipercaya sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera dengan tanggung jawab dapat mempererat ideologi di dalam partai. 

Pada tahun 2018, Habib Salim adalah satu dari sembilan calon dari PKS yang akan disandingkan sebagai wakil Prabowo Subianto untuk maju pada pesta demokrasi Pilpres 2019. 

Namanya muncul hasil rekomendasi para ulama yang ikut dalam kegiatan ijtima ulama yang digelar di Jakarta akhir Juli 2018. Habib Salim pun menyatakan kesiapannya.

Baca Juga: PKS Ingin Salim Segaf Tidak Mundur Sebagai Cawapres Prabowo

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya