Comscore Tracker

IMS 2020: Makna Hijrah Menurut Qari Kondang Muzammil Hasballah

#IMS2020 Muzammil mengaku banyak godaan untuk berhenti

Jakarta, IDN Times - Hafiz Alquran Muzammil Hasballah hadir di panggung Hijrah Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times, Jumat (17/1). Berbicara dalam tema ‘The New Lifestyle in the New Transforming Digital World’, Muzammil memaparkan makna hijrah.

Baginya, Hijrah secara bahasa artinya berpindah, Muzammil mengatakan, hijrah pada zaman dahulu merupakan perintah Nabi Muhammad untuk meninggalkan kota Makah ke Madinah. 

“Hari ini hijrah bukan cuma berpindah tempat, hijrah dari yang bikin dosa jadi ibadah, hijrah berubah penampilan, prilaku dan akhlak yang lebih baik. Intinya, hijrah itu menuju lebih baik karena Allah,” kata suami Sonia Ristanti itu.

Dalam proses hijrah, tak sedikit umat islam digoyah dengan berbagai cobaan, bahkan hanya sekadar niat, Muzammil sebut iblis akan terus menggoda.

“Iblis itu tidak akan rela kepada umat yang akan hijrah. Mereka tau harus nungguin kita di perempatan yang mana karena iblis itu sampe nyamar jadi orang tua ngasih masukan bagi muslim Quraisy untuk menggagalkan hijrahnya,” ujarnya.

Godaan itu sering ia rasakan ketika mencoba untuk hijrah. Ia bercerita, sebelum menjadi qari kondang, ia adalah seorang lulusan arsitektur yang tidak memiliki latar belakang ustaz. Dalam memulai hijrahnya, Muzammil mengaku banyak digoda cobaan untuk berhenti hijrah.

“Bahkan ketika kita berdakwah pun, banyak di-nyinyirin’ orang,” ucapnya.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/RkGZhjS6uGk

Baca Juga: 11 Fakta Menarik Muzammil, Qari Muda Karismatik Alumnus ITB

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya