Komisioner KPU Jawa Barat Apresiasi Peran Generasi Millennials

#Pilkada2018 Millennials dan Lansia getol datang ke TPS

Bandung, IDN Times - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Aang Ferdi, mengatakan generasi millennials sangat antusias mengikuti Pilkada Jawa Barat yang digelar Rabu (27/6). Sementara golongan putih alias golput justru lebih banyak diisi kalangan pekerja yang berusia 25 tahun ke atas.

1. Sebagai pemilih pemula generasi millennials labih getol datang ke TPS   

Komisioner KPU Jawa Barat Apresiasi Peran Generasi Millennials IDN TImes/Irfan Fathurohman

Aang menyampaikan bahwa pemilih pemula yaitu generasi millennials sangat bersemangat datang ke TPS. Hanya sedikit sekali dari mereka yang tidak ikut ‘nyoblos’. Aang juga menyebut masyarakat lain yang getol datang ke TPS adalah para lansia.

“Pemilih pemula sedikit yang gak datang ke TPS, pemilih generasi muda itu pemilih setia, ada dua tipe pemilih setia di KPU. Yaitu pemilih pemula usia 17-25 dan pemilih lanjut usia, karena mereka tidak bekerja,” kata Aang.

2. Generasi pekerja banyak yang golput  

Komisioner KPU Jawa Barat Apresiasi Peran Generasi Millennials IDN Times/Reza Iqbal

Meski demikian, Aang bersyukur tahun ini ada libur Pilkada 2018, sehingga generasi pekerja bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada.

“Jadi yang banyak gak milih (golput) adalah generasi kota, banyak sibuk kerja. Maka saya bersyukur pemilu libur. Tapi gak bisa libur semua jadi kan ya masih banyak yang gak milih,” uap Aang.

3. KPU Jabar apresiasi generasi millennials yang jadi panitia Pilkada 2018

Komisioner KPU Jawa Barat Apresiasi Peran Generasi Millennials IDN Times/Indra Zakaria

Aang mengapresiasi generasi millennials yang berperan aktif menjadi panitia penyelenggara pemungutaan suara. Pasalnya, menurut Aang hal itu karena KPU Jabar memiliki program setiap KPPS yang sudah menyelesaikan perhitungan suaranya diharuskan untuk memfoto C1.

“Setelah itu gambarnya diupload ke server KPU Jabar itu dijadikan kontrol sampai hari ini baru 28 persen itu karena ada kendala yang dialami yaitu panitia yang gaptek dan gak bisa mengupload foto ke server, nah KPPS yang berpanitia generasi millennials gak ada masalah, kita apresiasi itu,” kata Aang.

Baca Juga: Peta Pilkada 2018: Nasdem Menang Banyak, PDIP Merana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya